Home / Headline / Eliza Dorong Pagaralam Jadi Agrowisata Petik Jeruk

Eliza Dorong Pagaralam Jadi Agrowisata Petik Jeruk

Palembang, BP

Kota Pagaralam selain menyuguhkan keindahan alam, juga penghasil sayuran dan buah-buahan terbesar di Sumsel.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj Eliza Alex berkunjung ke kebun jeruk di kawasan Tanjung Sakti untuk melihat langsung panen jeruk di Pagaralam, Jumat (12/5).

Istri dari orang nomor satu di Sumsel ini menuturkan, tinjauannya kali ini merupakan inisiatifnya selaku Ketua Tim Penggerak (TP) PKK.

Ia juga mengimbau Pemerintah Kota Pagaralam untuk bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Sumsel dalam menjadikan kawasan kebun jeruk menjadi agrowisata petik jeruk.

“Sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan.  Jadi ini memang keinginan kita untuk membantu mempromosikan Pagaralam melalui pengembangan agrowisata petik jeruk. Masyarakat dapat merasakan sensasi memetik buah jeruk langsung di kebun,” ujarnya.

Usai berkunjung ke kebun jeruk, ia kemudian menuju Green Paradise yang berlokasi di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara. Green Paradise memiliki pesona alam yang sangat berbeda dengan obyek wisata lain di Kota Pagaralam. Tempat ini menyajikan keindahan mata dengan air mengalir di sela-sela batuan dan hamparan sayur selada air khas Kota Pagaralam.

Gelar Jambore

Sementara itu Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan bersama dengan kader posyandu padati Hotel dan Vila Gunung Gare, menggelar Jambore Kader Posyandu se-Sumatera Selatan bertajuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Sumatera Selatan (Sumsel) Gemilang. Kegiatan ini dihadiri ratusan peserta yang berasal dari 17 Kabupaten/Kota,  Jumat.

Acara Jambore ini sendiri berlangsung selama dua hari (11-12 Mei). Kegiatan ini merupakan event tahunan dari Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sumsel. Terpilihnya Kota Pagaralam menjadi tempat kegiatan ini dikarenakan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel berinisiatif untuk memberikan suasana yang  berbeda dari Jambore sebelumnya di Kota Palembang.

Pembukaan Jambore Kader Posyandu Provinsi Sumsel dimulai dengan malam ramah tamah dan dilanjutkan dengan lomba menyanyikan lagu masrs Sumsel Gemilang. Heboh, pecah hal inilah yang menghiasi keseruan dari kader posyandu sebab dihari kedua event tahunan ini diawali dengan senam bersama,  kemudian diisi dengan game outbound hingga menjelang sore.

Menurut Eliza, kegiatan ini tidak hanya untuk ajang menjalin silaturahmi saja, melainkan untuk mengenal jauh lingkungan sekitar, sekaligus memperluas wawasan guna meningkatkan pengetahuan kader agar menjadi berkualitas dan aktif.

“Saya sudah berkali-kali mengimbau kepada seluruh pengurus PKK  baik itu provinsi maupun kabupaten/kota.  Mari kita bersama-sama menciptakan suatu nuansa yang berbeda dari biasanya. Kalau dulu jambore selalu kami undang ke Kota Palembang tiap tahun itu monoton, dan tahun ini alhamdulillah kami berinisiatif untuk mengadakan di Pagaralam,” tuturnya

Dikatakan Eliza, kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan ataupun apresiasi kepada kader posyandu, yang telah mengabdi menjadi kader posyandu juga sebagai ujung tombak dari PKK dan Dinas Kesehatan di dalam melaksanakan program-program kesehatan di Sumsel.

“Berhasil, baik atau tidaknya posyandu itu tergantung para kader-kadernya, mudah-mudahan apa yang dilaksanakan ini mendapatkan manfaat tidak hanya diri sendiri melainkan masyarakat” tegas Eliza yang juga didampingi oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj Tartilah Ishak Mekki. #osk

x

Jangan Lewatkan

Buat Onar Antoni Berurusan Dengan Polisi

Palembang, BP Buat keonaran di rumahnya, Antoni, warga Lorong Talang Kemang, Kelurahan Sentosa, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang, harus ...