Pertamina Tingkatkan Sosialisasi Aman Bekerja

25

KESELAMATAN KERJA– Pegawai Pertamina melakukan pelatihan Safety Man bagi 20 orang retester tabung gas LPG, beberapa hari lalu.

Palembang, BP

Pertamina sebagai perusahaan energi yang mengedepankan aspek Healthy, Safety, Security and Environment (HSSE) memiliki bidang bisnis yang berisiko kerja tinggi. Oleh karena itu, semua elemen yang terkait dengan bisnis tersebut dapat menjalankan tugas pekerjaannya dengan aman, nyaman, dan selamat.

Guna mencapai kondisi tersebut, salah satu upaya Pertamina yaitu mengadakan Pelatihan Safety Man bagi 20 orang retester tabung gas 3, 12, dan 50kg. Seorang retester memiliki tugas untuk melakukan pengecekan dan pengujian ulang kondisi tabung LPG, serta melakukan perbaikan jika ditemui masalah pada tabung.

Baca:  Kapolda Sumsel Beri Penghargaan GM Pertamina Asset 2

Pengujian ini harus mengacu pada ketentuan keselamatan kerja yang di tetapkan oleh pihak berwenang sebagai syarat tabung LPG layak digunakan atau diedarkan kembali ke masyarakat.
“Dalam hal aspek HSSE para retester wajib meningkatkan kompetensinya sebagai pekerja bengkel pemeliharaan, agar potensi-potensi risiko tersebut dapat mereka kenali dan tahu cara menanggulanginya,” ujar Area Manager Communication & Relations Sumbagsel M Roby Hervindo.

Baca:  DPRD Kabupaten PALI Desak Pertamina Selesaikan Hak-hak Eks Karyawan KSO PT Benakat Barat Petroleum di Wilayah Kerja Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field

Pertamina, lanjut Roby, akan terus berupaya agar insiden yang berkaitan dengan pekerjaan tidak terjadi di wilayah kerja MOR II Sumbagsel. “Sepanjang tahun 2017 ini tidak ada insiden yang berkaitan dengan elpiji. Untuk itu kami akan terus melakukan kampanye safety kepada semua pekerja dan mitra kerja, agar bisa mendukung terwujudnya Zero Fatality. Kita bisa seperti yang sudah dicanangkan oleh Direksi Pertamina tahun ini,” tegas Roby.#ren