Home / Headline / Harnojoyo Targetkan Agustus Tugu Belido Selesai

Harnojoyo Targetkan Agustus Tugu Belido Selesai

Palembang, BP
Walikota Palembang Harnojoyo memproyeksikan penyelesaian Tugu Belido di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) setidaknya Agustus mendatang. Nantinya, salah satu icon Palembang ini akan menjadi destinasi wisata baru di tepian Sungai Musi.
Harnojoyo mengatakan, progres pembangunan Tugu Belido terus mengalami kemajuan. Meski memang patung khas dari Palembang ini bergeser 40 meter dari titik awal. “Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 53 persen dan ditargetkan Agustus sudah selesai,” katanya usai meninjau Tugu Belido bersama Wakil Walikota Fitrianti Agustinda, Jumat (28/4).
Pengerjaan saat ini dalam tahap penyelesaian pemasangan pondasi dan rangka untuk Tugu belido, yang kini sudah berdiri. Sementara patung Belido sedang dalam pengerjaan di Boyolali dan sebelum lebaran sudah berada di Palembang dan dipasang. “Secepatnya setelah lebaran ini selesai,” ujarnya.
Ia memastikan jika icon baru di Palembang ini akan sangat luar biasa, seperti Merlion Park yang ada di Singapura. Hanya saja di Palembang menggunakan ikan Belido yang akan menyemprotkan air dari mulutnya mengarah ke Sungai Musi sepanjang 50 meter.
“Sekitar tiga sampai empat bulan lagi akan selesai, artinya Agustus atau paling lama September kita sudah bisa menikmati destinasi wisata baru ini,” katanya.
Sementara itu Projek Menejer pembangunan Tugu Belido, Alfin menjelaskan, saat ini sedang pengerjaan pengecoran plat bawah dan atas. Kemudian dilanjutkan pemasangan listrik. setelah itu bisa langsung dipasang Patung Belido yang juga hampir selesai. “Bahannnya dari tembaga dilapisi perak, dan sebelum lebaran nanti sudah berada di Palembang dan langsung kita pasang setelah itu tinggal finishingnya saja,” terangnya.
Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh mengatakan, setelah menjadi perdebatan Tim Ahli Cagar Budaya, Tugu Belido dibangun dengan syarat harus bergeser dari titik awal. “Karena terjadi beberapa permasalahan sebelumnya, sehingga tugu ini mundur beberapa minggu,” katanya.
Sudirman mengatakan, pada dasarnya pembangunan Tugu Belido ini tidak menyalahi aturan dan merusak cagar budaya yang ada. Pasalnya, pembangunan Tugu sendiri berjarak lebih kurang 98 meter dari benteng BKB. Sehingga sedikit pun tidak menyentuh bangunan ataupun menghalangi kawasan BKB.
“Setelah didiskusikan dengan tim cagar budaya, akhirnya bergeser 40 meter ke arah Riverside. Sedangkan galian pondasi awal itu harus kita kembalikan seperti semula lagi,” tukasnya.#pit
x

Jangan Lewatkan

Still Running Individually, SMB IV Hopes In the future, the Province and the City of Palembang Can Work Together

# Related to Heritage Objects in Palembang Palembang, BP Sultan of Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM ...