Wirausaha Harus Pantang Menyerah

29

Tiga srikandi pengurus HIPMI Sumsel, Gianda Dwi Andini, Fauris Dina Sari, dan Livia Meiriska Wangdra, bicara bisnis dalam bisnis talk Adjie Soebijantoro di Trijaya Palembang.

Palembang, BP
Menjadi wirausaha tidak cukup dengan memiliki kemampuan namun perlu ditopang kegigihan dan sikap pantang menyerah. Modal penuh seperti inilah yang akan mendorong bisnis bisa maksimal. Demikian dikatakan Kompartemen Pendidikan dan Pelatihan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Gianda Dwi Andini.

Menurut Gianda, pebisnis yang maju juga biasanya punya networking yang kuat, begitupun ketika memulai usaha, maka penting untuk kuat pada marketing dan jaringan. “Sebenarnya SDM yang tepat dalam mengelola usaha akan mendorong kemajuan bisnis, namun marketing yang kuat akan menentukan seberapa sukses usaha yang dijalani,” jelasnya dalam talkshow bisnis di BP Trijaya, Rabu (26/4).

Baca:  KADIN Lahat Sebut Inovasi Aspal Karet Muba Luar Biasa

Diakui dia, jangan takut mencoba memulai usaha jika perhitungannya menguntungkan maka segeralah berwirausaha. “Sebaiknya jika memiliki kemampuan, dan yakin maka segeralah berwirausaha,” tuturnya.

Demikian dikatakan Bidang Ekonomi Keuangan dan Perbankan Fauris Dina Sari. Yang paling penting untuk memulai itu adalah paham dulu, bisa dengan hobi bisa juga dengan keahlian yang  dimiliki. Menurutnya, pasang surut dunia usaha sudah pasti ada,  di situlah perlunya terus belajar dan mau berusaha, bahkan berorganisasi bertukar pikiran seperti yang telah dilakukan di HIPMI Sumsel.

Baca:  Hipmi Sumsel Siapkan Program, Tumbuhkan Pengusaha Muda

“Sebaiknya banyak belajar dan berusaha keras, selain itu juga perlu adanya target atau capaian yang harus direalisasikan, sebab target akan mendorong motivasi bahkan mental kita untuk bekerja lebih baik lagi,” tukas dia.

Senada juga dijelaskan Kompertemen Bidang Infrastruktur Pembangunan dan Properti Livia Meiriska Wangdra mengakui jika ingin bergelut di dunia entreprenuer, harus kreatif dan memiliki strategi markiting yang sesuai dengan bidang usaha.

Baca:  HIPMI Sumsel: Mulai Usaha Dengan Membangun Relasi

“Biasanya kendala adalah marketing, bagi mereka yang memiliki strategi marketing yang baik, biasanya akan memiliki usaha yang kuat,” tutur dia.

Menurutnya, kegagalan itu bisa diatasi jika kita mau bekerja keras dan berusaha, bisnis memang tidak mudah, numun jika mau belajar dengan kegigihan maka akan mudah menuju kesuksesan. #ren