Home / Headline / Empat Balongub Sumsel Bertemu di Rakor PKS

Empat Balongub Sumsel Bertemu di Rakor PKS

Rakorwil dan Rakorda PKS yang digelar di Hotel Emilia dihadiri empat bakal calon gubernur (balongub) dari DPD Gerindra Aswari Riva’i, Wakil Gubernur Sumsel yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel H Ishak Mekki, mantan Bupati OKU Timur Herman Deru, dan mantan Kabareskrim Polri H Susno Duadji.

Palembang, BP

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) dan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) ke-3 se-Sumsel, Sabtu (22/4). Rakorwil dan Rakorda yang digelar di Hotel Emilia, Palembang  ini dihadiri empat bakal calon gubernur (balongub) Sumsel  yaitu Ketua DPD Gerindra Aswari Riva’i, Wakil Gubernur Sumsel yang juga Ketua DPD  Partai Demokrat  Sumsel H Ishak Mekki, mantan Bupati OKU Timur Herman Deru. dan mantan Kabareskrim Polri H Susno Duadji.
Wagub Sumsel H Ishak Mekki  mengakui hubungan PKS dengan Pemprov Sumsel sangat baik dan harmonis karena selama ini kader-kader PKS baik di legislatif maupun partai mendukung program Pemprov Sumsel.
“Bukan berarti partai PKS tidak kritis. Kritis, luar biasa. Tapi kritis sifatnya bagaimana membangun lebih baik, bagaimana ke depan, bagaimana kita tingkatkan di masa depan,” katanya.
Karena baginya PKS dari daerah hingga pusat tidak asing lagi bagi dirinya, karena dirinya sering ikut rakorwil PKS di provinsi lain dengan Tifatul Sembiring. 
Menurutnya di 2018 di Sumsel digelar Pilkada sehingga seluruh kabupaten /kota di Sumsel sibuk dan semua calon mengharapkan dukungan dari PKS.
       Ishak berharap akan lahir rekomendasi-rekomendasi terbaik untuk PKS Sumsel ke depan. Tak lupa, Ishak menyampaikan selamat atas kemenangan PKS dalam Pilkada DKI Jakarta. Ishak menjelaskan bahwa tugas ketua partai tidak serta merta menjadi kepala daerah, akan tetapi menurutnya ketua partai hendaknya berpikir bagaimana caranya membesarkan partai.
Apalagi menurutnya PKS di 2018 juga ikut merebut kemenangan pilkada di Sumsel dan yang jelas bagaimana supaya Pilkada yang merupakan agenda staregis ini bisa aman , sukses , lancar dan terpilih pemimpin yang diharapkan PKS dan masyarakat.
Sedangkan Ketua DPW Sumsel Erza Saladin, mengatakan, Rakorwil dan Rakorda ini untuk mensinkronisasikan kinerja antara daerah dan wilayah untuk melihat sejauh mana elektabilitas partai ini menuju tahun 2018 dan 2019.
“Program harus tetap kita jalankan. Suatu masalah harus kita pecahkan secara bersama-sama,” katanya.
Ia menambahkan, menghadapi Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 mendatang, seluruh kader harus dapat menjalankan program kerja yang sudah terinci. “Kita juga siap menghadapi tahun 2018 dan 2019 mendatang untuk Pilpres nanti,” katanya.
Sementara itu Presiden PKS Sohibul Iman mengungkapkan, Politik tidak hanya dilakukan secara formal namun juga dengan cara nonformal dimana demokrasi indonesia harus punya ciri khas yaitu demokrasi yang dibangun oleh adat istiadat kultur kita.
“Demokrasi bukan kompetitif semata tapi juga kooperatif kebersamaan, seperti contoh pilkada yang bukan merebutkan kekuasaan, namun persaingan menampilkan kehendak untuk berkontribusi buat masyarakat,” ujarnya.
Sohibul sendiri menyatakan, partainya saat ini belum bisa memastikan dukungan PKS di Pilkada Sumsel (Pilgub) akan diberikan kepada siapa.
Namun yang pasti, partainya akan melihat dahulu peluang calon yang akan diusung, dan menunggu rekomendasi pengurus partai di bawah.
“Kami ada DPTP, melakukan pengembangan kolektif dimana ada di dewan syuro. Di mana balon harus ada komunikasi dengan pengurus bawah, (botom up), baru diusulkan minimal dua nama untuk diputuskan pusat,” kata Shoibul.
Menurut Shoibul, berdemokrasi haruslah dikembangkan secara struktural, santun, manusiawi dan beda dengan di barat.
“Pilkada, bukan kita berkompetisi dalam memperebutkan kemenangan, namun berkontribusi untuk berkhidmat bagi rakyat. Sesuai dengan tujuan awal PKS berditi menghadirkam spirit “semangat” perubahan, di mana pemerintah melayani masyarakat (kepemimpinan yang berkhidmat kepada masyarakat), dan kita ingin menjadi agen pembaruan di Sumsel,” katanya.
Pada pilkada serentak 2018 ini, PKS menargetkan meraih 60 persen kemenangan dari 171 daerah yang menggelar pilkada serentak.
Sementara untuk Sumsel, Sohibul menargetkan paling tidak partainya mampu meraup enam kemenangan dari total 10 pilkada serentak yang ada. 
“Kalau DPW targetnya minimal dua, tapi kita inginnya enam,” katanya.#osk
x

Jangan Lewatkan

Ikuti Tes Kesehatan Heri Amalindo Mendapat Ucapan Ulang Tahun dari Awak Media dan Pegawai RSMH

Palembang, BP Ada pemandangan tak biasa saat pelaksanaan tes kesehatan yang dilakukan calon Bupati di Rumah Sakit Muhammad Husin (RSMH) ...