Hipmi Sumsel Siapkan Program, Tumbuhkan Pengusaha Muda

40

Ketua Umum Hipmi Sumsel Muhammad Akbar Alfaro dalam talkshow di studio BP Trijaya Radio.

Palembang, BP

Belum sampai dua bulan dilantik kepengurusan baru masa bakti 2017-2019, Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah mulai menjalankan berbagai program, salah satunya menggeber pertumbuhan pengusaha baru di Sumsel.

Ketua Umum Hipmi Sumsel Muhammad Akbar Alfaro yang akrab disapa Gerry ini mengatakan, untuk memacu usaha baru beberapa program yang akan dilakukan seperti mendorong kredit tanpa agunan untuk pengusaha yang masih membutuhkan modal tambahan.

“Upaya kami salah satunya mendorong kredit tanpa agunan untuk yang sudah punya usaha bagi para anggota, sehingga nantinya memicu usaha-usaha baru. Selain itu, kami juga tengah menjalankan Hipmi Perguruan Tinggi (PT), memicu pengusaha di kalangan mahasiswa,” katanya, Rabu (1/2).

Baca:  GPS Tak Hanya Beri Bantuan Kematian

Dikatakan dia, untuk kredit tanpa agunan sendiri pihaknya sudah menjalankannya di beberapa UMKM yang sudah menjadi anggota. Pelaku usaha ini pun didorong dengan pengusaha-pengusaha lain sebagai mitra, sehingga usahanya bisa berkembang.

“Jadi bagi yang saat ini ingin bergabung untuk menjadi pengusaha, punya tekad yang kuat bisa bergabung dengan Hipmi tidak ada proses administrasi dan klasifikasi usaha yang rumit, semua bisa berwirausaha dengan bidang masing-masing asal bisa punya tekad yang kuat, dan kemauan,” jelas dia dalam acara talk show BP-Trijaya, Rabu (1/2).

Sementara Bendahara Umum Alvin Kennedy mengatakan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi pengusaha, salah satunya berupaya untuk mendekatkan diri dengan yang sudah memiliki pengalaman di bidang yang digeluti dan Hipmi adalah wadah para pengusaha dari berbagai bidang.

Baca:  Wirausaha Harus Pantang Menyerah

“Di dalam Hipmi ini adalah mitra, bisa saling membutuhkan satu sama lain. Untuk saat ini saja jika ditambah dengan anggota Hipmi PT sudah mencapai 1.000 anggota dan nantinya bisa saling bermitra dan membutuhkan satu sama lain,” jelas dia.

Alvin juga berpesan, jangan pernah ragu untuk berwirausaha, sebab sangat menyenangkan jika gigih dilakukan. Tidak pusing dengan jadwal dan rutinitas seperti pegawai, dengan menjadi pengusaha bisa memanajemenkan diri maupun usaha yang akan digeluti. “Paling penting adalah mau belajar dan jangan pernah ragu untuk memulai usaha,” jelas dia.

Baca:  HIPMI Sumsel: Mulai Usaha Dengan Membangun Relasi

 

Wakil Sekretaris Umum Feri Yuliansyah mengatakan, untuk Hipmi PT saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang bergabung, seperti Universitas Muhammadiyah, Unsri dan lainnya. “Di Hipmi ini merupakan bisnis networking sesama anggota bisa saling membutuhkan dan saling belajar membangun usaha,” katanya.

Dikatakannya, pengkaderan anggota yang baru menjadi fokus Hipmi dalam mendorong usaha muda, termasuk mahasiswa yang akan menjadi pengusaha. “Pengkaderan menjadi fokus ke depan, bagaimana nantinya pengusaha muda yang baru juga bisa berkembang,” terang pengusaha alat berat dan sparepart ini. #ren