Home / Palembang / PLN Tanam Kabel Bawah Tanah Untuk LRT Palembang

PLN Tanam Kabel Bawah Tanah Untuk LRT Palembang

Palembang, BP

Kereta ringan atau light rail transit (LRT) yang tengah dibangun di Kota Palembang pengerjaannya terus dikebut. Guna mendukung operasional LRT, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana memasang kabel bawah tanah.

General Manager PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu (WA2JB) Budi Pangestu memastikan kabel listrik yang selama ini berada di udara akan dirapikan dengan memindahkan kabel-kabel tersebut ke bawah tanah.

“Memang rencananya kabel akan dirapikan di sepanjang jalur LRT dengan memakai kabel bawah tanah. Jadi tidak ada lagi di atas kiri dan kanan,” ujar Budi usai rapat dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, di Pemprov Sumsel, Rabu (1/2).

Menurut Budi, penggunaan kabel di bawah tanah tidak hanya butuh investasi, melainkan juga banyak pertimbangan. Seperti membangun LRT, jalan yang berada di sekitar proyek pastilah mengalami kerusakan.

“Begitu juga dengan penanaman kabel, pasti ada yang terganggu, pasti padam lagi,” ungkap dia.

Ia menambahkan, nilai investasinya belum bisa dipastikan. Pastinya akan jauh lebih mahal dari pemasangan kabel di permukaan, bahkan bisa dua kali lipat. “Kalau kabel di permukaan saja Rp300 juta per km, untuk bawah tanah bisa dua kali lipatnya,” kata Budi.

Rencana penanaman kabel listik bawah tanah sudah masuk program PLN tahun 2017. Untuk LRT tahap pertama ini sudah dibuatkan dengan menggunakan kabel bawah tanah. Namun, ke depannya diharapkan untuk LRT kabel di bawah semua.

“Sistem ini, rentetan tidak soal kabel saja tapi juga harus membangun gardu tembok. Kalau kabel di permukaan hanya diletakkan di atas tiang. Untuk kabel bawah tanah harus menggunakan gardu tembok pakai beton,” urainya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan, ia menginginkan jalur kabel LRT berada di bawah tanah, sehingga lebih rapi. Selain itu, ke depannya juga menginginkan seluruh instalasi listrik arus menengah itu diletakkan sama seperti itu.

“Soalnya kalau kabel LRT berada di atas menggunakan tiang itu kan lucu,” pungkasnya. #rio

x

Jangan Lewatkan

Terkait Penarikan Produk Makanan Oleh Pemkot dan BPPOM, Akbar Alfaro: Jangan Bikin Trauma Industri Kecil  

Palembang–Anggota DPRD kota Palembang H. M. Akbar Alfaro mengingatkan Pemkot agar upaya pengawasan makanan yang beredar yang dilaksanakan Pemkot Palembang ...