MPR RI Sepakat Indonesia Miliki Haluan Negara

11

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Jakarta, BP

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan, pimpinan MPR sepakat dan menganggap penting haluan Negara di Indonesia. Hanya saja untuk membahas tersebut tidak mudah, perlu waktu agar berjalan dengan lancar.    

” Intinya semua pimpinan sepakat bahwa Republik Indonesia penting memiliki haluan negara. Masing-masing fraksi dan kelompok DPD menyatakan pendapatnya tentang haluan negara dan  semua setuju,” ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan seusai menggelar Rapat Gabungan Pimpinan MPR RI di Gedung MPR Jakarta, Rabu (25/1).

Menurut Zulkifli, ada beberapa fraksi yang menyatakan soal pembentukan dan perumusan  haluan negara perlu diatur dengan Ketetapan MPR (TAP MPR). Poin penting  MPR diberikan kewenangan untuk membuat TAP MPR kembali.

“Dengan begitu, MPR akan diberi kewenangan  merumuskan dan menyusun haluan negara,” kata Zulkifl.

 Zulkifli menambahkan,  haluan negara harus memiliki kekuatan hukum yang mengikat. Tapi ada juga yang berpendapat tidak perlu ada lagi, yang penting lembaga-lembaga negara melaporkan kinerjanya kepada MPR RI dan tidak ada sanksi apapun kecuali sanksi dari rakyat.

Misalnya, lanjut Zulkifli, kinerja Presiden tidak memuaskan rakyat, atau lembaga lain tidak memuaskan rakyat maka sanksinya tidak akan dipercaya rakyat dan tidak akan dipilih lagi. Jadi yang menghukum rakyat sendiri.

Dikatakan, agenda rapat gabungan sekarang adalah semua setuju bahwa haluan negara sangat penting dan Indonesia harus memilikinya. Pembahasan ini masih panjang. Nanti secara bertahap akan diskusikan kembali sampai semuanya sempurna.#duk
Baca:  Wakil Ketua MPR: Kasus Harian Covid Belasan Ribu, Pemerintah Harus Tegas