Alex Ingin Perusahaan di Sumsel Terapkan Industri Hijau

16

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di area industri PT Arwana Citramulia Tbk yang terletak di Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Selasa (24/1).

Inderalaya, BP

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan, perusahaan-perusahaan di Sumsel belum semua menerapkan green industry atau industri hijau. Untuk itu, orang nomor satu di Sumsel ini menginginkan agar mulai tahun ini juga semua perusahaan di Sumsel dapat menerapkan hal tersebut.
Hal itu diungkapkan Alex Noerdin saat melakukan kunjungan ke PT Arwana Citramulia Tbk yang terletak di Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Provinsi Sumsel, Selasa (24/1).
Alex mengetahui PT Arwana Citramulia Tbk adalah salah satu peraih green industry selama 6 tahun berturut-turut, maka Alex ingin agar perusahaan ini menjadi contoh bagi perusahaan lain di Sumsel. Sebuah perusahaan memang sudah harus menerapkan industri hijau, selain memanfaatkan mesin-mesin canggih, faktor lingkungan harus menjadi perhatian.
“Keamanan bagi pekerjanya juga harus diutamakan. Seperti di sini, pabriknya terbuka bukan menggunakan bangunan tertutup pada umumnya. Artinya tingkat keamanan disini cukup diperhatikan,” ujar Alex.
Alex juga berharap agar setiap perusahaan juga mengutamakan kondisi lingkungan sekitar. Limbah harus jadi fokus bagi perusahaan. Di Sumsel cukup banyak perusahaan yang menerapkan hal ini. Namun masih ada sebagian lagi yang belum menerapkan hal itu.
“Sudah seharusnya setiap perusahaan dalam pengelolaannya wajib menerapkan industri hijau. Pemprov Sumsel akan mengarahkan agar semua perusahaan pahami hal itu,” jelas Alex.
Sementara itu, Wakil Komisaris Utama PT Arwana Citramulia Tbk Edwin Pamimpin Situmorang mengungkapkan,  pabrik keramik yang diresmikan sejak 2013 ini telah berkembang secara cepat. Bahkan, pabrik ini merupakan pabrik keramik pertama yang dibangun di luar Pulau Jawa.
“Padahal sebelum di bangun di sini (Ogan Ilir, Provinsi Sumsel-red) banyak pilihan lainnya. Namun, kita tetap memutuskan untuk memilih membangun pabrik ketamik di Sumsel,” ungkap dia.
Menurut Edwin, dipilihnya Sumsel karena memiliki berbagai macam alasan. Salah satunya seperti dari aspej Sumber Daya Alam (SDA) dan lain sebagainya. Dengan kunjungan Gubernur Sumsel ini, pihaknya berharap Pak Alex Noerdin tetap dapat membimbing perusahaan pabrik keramik ini.
“Dengan dukungan dari Pak Gubernur tentunya kita juga terus mendukung dalam menyonsong perekonomian di Sumsel,” pungkasnya. #rio
Baca:  Jaringan Teroris Poros Solo-Sumsel Dipatahkan