DPR Minta Basarnas dan BNPB Bergerak Cepat

10

Setya Novanto

Jakarta, BP

Ketua DPR RI Setya Novanto meminta petugas penyelamat BNPB dan Basarnas bertindak  cepat mengevakuasi korban yang masih hidup dan terperangkap reruntuhan bangunan. Sedangkan warga di sekitar gempa diminta waspada mengantisipasi gempa susulan.
“Petugas penyelamat dan instansi terkait segera mengambil langkah untuk mencgah korban lebih banyak,” ujar Setya Novanto di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/12) menanggapi gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh,  Rabu (7/12) pukul 05.03 Wib. Bencana alam tersebut   mengakibatkan puluhan  jiwa luka parah, belasan  bangunan masjid rusak, puluhan rumah dan ruko rusak berat.
Wakil Ketua   DPR, Taufik Kurniawan menyampaikan duka  mendalam atas musibah gempa Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie Jaya. Untuk itu pemerintah daerah dan pusat diharapkan  segera memberi bantuan tenaga, materi dan pikiran. Seluruh jajaran pemerintah  dari pusat hingga daerah Aceh segera  melakukan langkah strategis dan taktis mengatasi korban bencana.
“Saya minta perhatian seluruh komponen terkait untuk  melakukan tindakan penanganan yang dibutuhkan, termasuk mengantisipasi kemungkinan gempa susulan. Saya yakin dengan kemampuan kita bersama sebagai anak bangsa merespons segala peristiwa dan musibah segera dapat teratasi,” kata Taufiq.
Menurut Taufiq,  musibah tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 merupakan  pengalaman  berharga untuk menanggulangi bencana. Semangat kekeluargaan dan gotong royong seluruh elemen bangsa Indonesia masih kuat.
Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini  menyatakan, pemerintah harus segera melakukan tanggap darurat untuk penyelamatan korban jiwa.Tempat penampungan lengkap, makanan, selimut dan  tenaga medis segera dikirimkan. “Alat-alat berat tidak kalah penting segera didatangkan untuk membuka akses penyelamatan dan bantuan,” kata Jazuli.
Jazuli minta koordinasi sinergis antara pemerintah pusat dan daerah juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
“Jangan saling lempar tanggung jawab agar prioritas penyelamatan korban bisa dilakukan dengan cepat dan efektif,” kata Jazuli. #duk
Baca:  DPR Diharapkan Dukung Terbitnya Perdasus Papua