Pengurus HIPKA Sumsel Dilantik

11

Diminta Jadi Pengusaha Kreatif

unnamed
Ketua BPP HIPKA Tubagus Fachry Nachry melantik pengurus HIPKA Sumsel di Ballroom Hotel Santika Palembang, Sabtu (26/11).

Palembang, BP

Pengurus Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) Sumatera Selatan periode 2016-2020 secara resmi dilantik Ketua BPP HIPKA Tubagus Fachry Nachry, di Ballroom Hotel Santika yang terletak di Jalan Radial Palembang, Sabtu (26/11).
Ketua BPP HIPKA Tubagus Fachry Nachry usai melantik pengurus HIPKA Sumsel menyampaikan, HIPKA ini mempunyai tujuan menjadi pioner perkembangan ekonomi dan percepatan ekonomi yang semakin maju, karena pada dasarnya anggota mereka adalah para pengusaha.
“Dengan kepengurusan ini diharap pertumbuhan ekonomi di darrahnya bisa lebih baik. Makanya menjadi pengusaha harus kreatif, lewat ini dapat melahirkan usaha baru, pengusaha baru dan lainnya,” pesan Tubagus.
Sementara itu, Ketua BPW HIPKA Sumsel Erwanto Yusuf, mengatakan HIPKA merupakan wadah pengusaha yang memiliki tujuan untuk membangun ekonomi di Provinsi Sumsel. Saat ini saja, untuk total alumni sudah mencapai 500 alumni.
“Di sini kami berbagi pengalaman dan ilmu. Apalagi saat ini jumlah pengangguran cukup banyak dan peluang kerja makin sedikit. Namun, didalam itu masih ada ruang yang belum tersentuh,” kata dia.
Dengan begitu, lanjut Erwanto, HIPKA ini bakal masuk ke dalam ruang tersebut. Maksudnya, HIPKA membuka kesempatan lewat rumah bisnis kreatif, dimana orang-orang yang mempunyai ide berbisnis akan tetapi tidak memiliki wadah, melalui rumah bisnis kreatif tersebut dapat tersalurkan.
“Tingkat kesejahteraan kita belum naik, tapi ada solusinya yaitu dengan membuka usaha. Untuk orang yang memiliki ide kreatif, misalnya dapat membuat tas dan itu jadi peluang. Rumah bisnis kreatif ini juga baru kita mulai,” jelas Erwanto.
Selain itu, ia juga menambahkan, HIPKA ini dapat memberi akses permodalan, seperti program pemerintah Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan koperasi. Sehingga yang ingin melakukan bisnis untuk dikembangkan dapat dilakukan lewat rumah bisnis kreatif.
“Untuk langkah kongkritnya kita ada  holding company. Dengan kepengurusan ini semoga HIPKA Sumsel menjadi organisasi yang potensial dan berkembang, menarik dan modern,” pungkas Erwanto.

 

Dalam kesempatan itu, tak hanya dilakukan pelantikan pengurus HIPKA Sumsel saja, melainkan juga Seminar Bisnis HIPKA yang diisi oleh Tubagus Fachry Nachry yang juga merupakan Komisaris Independen PT Krakatau Steel yang membahas ‘Peningkatan building capacity anggota HIPKA dalam menciptakan dan memanfaatkan berbagai peluang usaha’.
Kemudian, Ketua KEIN Soetrisno Bachir dengan tema ‘Memperkuat jaringan peluang usaha dan skema dalam membangun ekonomi bangsa’, serta Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnoningsih yang menyampaikan ‘Gambaran potensi investasi lokal dan prospek ekonomi Sumsel dalam perspektif Asian Games 2018 dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)’. #rio