Ultimate magazine theme for WordPress.

Alex Optimis Bisa Tekan Laju Inflasi

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin memberi keterangan usai diperiksa KPK di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/3). Alex Noerdin diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games Jakabaring dan Gedung Serbaguna Pemprov Sumsel 2011. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/ama/16.
H Alex Noerdin ANTARA FOTO

Palembang, BP

Memiliki Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik, Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin optimis dengan beberapa langkah yang nantinya akan dilakukan oleh Pemprov Sumsel dapat menekan laju inflasi.

“Pemprov tetap optimis dapat menekan laju inflasi karena TPID Pemprov Sumsel ini termasuk terbaik,” kata Alex saat ditemui di Pemprov Sumsel belum lama ini.

Dikatakan dia, untuk menekan laju inflasi di Sumsel, Pemprov Sumsel juga bakal melakukan pertemuan dengan beberapa asosiasi. “Ya, pertemuan ini nantinya mencari solusi dalam menekan inflasi di Sumsel,” ungkap Alex.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Endus Indikasi Sejumlah Program Kerja OPD Bakal di Geser Pemprov Sumsel Tanpa Persetujuan DPRD

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel Ekowati Retnaningsih mengakui, TPID Sumsel bakal menggelar pertemuan dengan pihak asosiasi dengan tujuan membahas inflasi.

“Tapi masih disusun dulu jadwalnya dan disesuaikan terlebih dahulu dengan Gubernur Sumsel. Jadi kami belum dapat memastikannya,” singkat dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumsel Permana menjelaskan, kondisi ekonomi global yang tengah goyah berimbas pada melesatnya inflasi Sumsel, bahkan di semua daerah.
“Karena itu, Pemprov Sumsel akan berupaya menekan inflasi tersebut,” ujar dia.

Baca Juga:  H Alex Noerdin Bantu 16 Titik Sumur Bor di Sumsel

Ditambahkan Permana, meskipun pertumbuhan ekonomi masih berada pada tren positif, namun tetap waspada agar inflasi tidak melambung tinggi. Saat ini inflasi di Sumsel berada diangka 3,25 persen, terjadi peningkatan 0,1-0,75 persen dari sebelumnya.

“Kami akan bekerja keras untuk menekan laku inflasi di Sumsel saat ini. Nanti dalam TPID yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat Gubernur Sumsel akan merespon kondisi ini,” tutur dia.

Ia juga optimis dengan arahan dari Gubernur Sumsel laju inflasi bisa ditekan hingga 2,5 persen. Sehingga kisarannya 2,5 persen hingga 3 persen. Angka capaian yang ditargetkan cukup realistis sebab pemicu melonjaknya laju inflasi telah diidentifikasi.

Baca Juga:  Sosialisasi Capres Dan Cawapres 02 di Sumsel Minim, BPD Sumsel Tak Mau Pencitraan

“Harga bahan pokok misalnya cabe dan gula terus mengalami kenaikan. Tak hanya itu, harga rokok juga terus naik, jadi daya beli masyarakat terus menurun. Kami juga akan mendesak pelaku usaha menetapkan harga terendah dan tertinggi, ini agar ada kepastian harga yang membuat inflasi bisa dikendalikan,” tutupnya. #adv

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...