Pembangunan Sirkuit MotoGP Diserahkan Pihak Ketiga

17

1477793714_masterplan-motogp-indonesiaPalembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyerahkan pembangunan Sirkuit MotoGP di Jakabaring, Palembang  kepada pihak ketiga, guna mendapatkan kontraktor yang berkualitas, dalam pembangunan sirkuit tersebut yang akan dilelang nantinya.
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin kepada wartawan seusai rapat Paripurna di DPRD Sumsel pada Kamis (10/11).
Dikatakan Alex Noerdin sejauh ini progres pembangunan Moto GP sangat baik pasca pertemuan dengan Dorna di Sepang, Malaysia.
Draft desain yang diajukan pun sudah mendapat persetujuan. Apalagi yang mendesain memang profesional dibidangnya. Dengan keyakinan ini pula, Oktober 2018 nanti pasca Asian Games akan digelar  Moto GP pertama kalinya di Jakabaring.
“Nanti akan kita tender, kalau yang ikut nanti kita ikutkan dari dalam negeri dan luar negeri. Mana paling mengntungkan baru dipilih,” kata Alex. Kapan? “Nanti segera. Kalau desain dan DED nya selesai Desember ini. Biayanya diperkirakan 35 juta euro. Kalau kita rupiahkan bisa mencapai Rp 600 miliar lebih. Sebenarnya kita mampu kok. Tetapi ya kota harus menunda pembayaran-pembayaran, hutang-hutang dulu,” katanya.
Mengenai soal alokasi APBD senilai Rp 5 miliar dari pengajuan Rp 50 miliar hal itu tidak menjadi persoalan.
“Itu untuk penimbunan. Akan tetapi kalau nanti investornya mau lebih bagus. Uang Rp 5 miliar akan kota gunakan untuk lainnya,” kata dia. Alex mengulas kembali soal pascaMoto GP. Dikatakan GP2, Formula 2, serta dibawah itu akan. Isa digelar di Palembang. Setiap tiga bulan akan ada even internasional yang digelar.
“Saya juga lagi berpikir, setelah ini apa lagi yang bisa dilakukan,” katanya. #osk
Baca:  Sirkuit MotoGP Akan Gunakan 80 Hektar Lahan