Ada Keluhan Soal Listrik Lapor PLN Mobile

43

pln
General Manager PLN wilayah Sumatera Selatan Jambi, Bengkulu (S2JB) Budi Pangestu (pakai jas) memperlihatkan aplikasi PLN Mobile, usai kegiatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-71 di Kantor PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagsel Jalan Abdul Rozak, Senin (31/10).

Palembang, BP

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero secara serentak meluncurkan aplikasi baru yakni PLN Mobile, Senin (31/10). Masyarakat kini bisa menyampaikan keluhan terkait semua layanan PLN pada aplikasi ini.

General Manager PLN wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi, Bengkulu (S2JB) Budi Pangestu mengatakan, untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi baru ini disediakan stan di PLN Area Palembang. Masyarakat bisa langsung berkomunikasi dengan petugas Juru Penerangan (Jupe).

“Aplikasi ini dapat membantu masyarakat tentang keterbukaan, kemudahan dan percepatan untuk mendapatkan informasi layanan yang diberikan PLN,” katanya usai kegiatan peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 71 di Kantor PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagsel Jalan Abdul Rozak.

Dikatakannya, PLN Mobile merupakan aplikasi mobile customerSelf service yang bisa digunakan melalui smartphone. Aplikasi ini terintegrasi langsung dengan sistem layanan pelanggan dan sistem layanan pengaduan PT PLN Persero se-Indonesia.

Baca:  Jalan dan Sepeda Sehat PLN S2JB Meriah

Melalui aplikasi ini, kata Budi, pelanggan tak perlu datang ke kantor PLN. Sebab aplikasi ini bisa menampilkan fitur-fitur layanan di antaranya cek tagihan, riwayat token, mengecek prediksi biaya listrik bulanan, termasuk dapat melakukan permohonan pasang baru atau ubah daya.

PLN Mobile juga menyediakan informasi tarif listrik terkini, selain itu status pengaduan dan permohonan yang selalu terbaru dapat dicek setiap waktu melalui smartphone yang sudah terakses ke akun PLN Mobile serta berita-berita terkini dari PLN juga dapat diinput oleh pelanggan.

“Jika pelanggan yang kesulitan mendapatkan aplikasi PLN Mobile bisa langsung mendatangi stand dan bertanya langsung kepada petugas,” katanya.

Baca:  Diduga Menipu, PLN Ranting Muara Beliti Dilaporkan Warga Lima Desa

Dikatakan Budi, aplikasi ini baru tersedia untuk smartphone berbasis android. Aplikasi bisa ditemukan di google playstore dengan kata kunci PLN Mobile. Pilih tanda logo aplikasi PLN mobile dan lanjutkan dengan pilihan install atau pasang.

Setelah proses pemasangan selesai, maka pengguna bisa memilih layanan aplikasi dengan melakukan setting sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan menu Daftar dengan masukan identitas yang tertera pada aplikasi dan dikunci dengan kata sandi.

“Untuk nomor referensi jika pelanggan pasca bayar dapat mengisi angka rupiah tagihan rekening listrik terakhir. Untuk prabayar 4 digit terakhir token listrik yang terakhir dibeli,” katanya.

Setelah selesai, kemudian muncul notifikasi pendaftaran sukses dan aplikasi mengirimkan kode aktivasi ke email yang didaftarkan. Lakukan proses aktivasi akun dengan memasukkan kode aktivasi yang sudah dikirim dan dilanjutkan proses kirim.

Baca:  Banyak Tiang Listrik Kayu di Inderalaya

Proses aktivasi akun berhasil dan pelanggan dapat masuk ke aplikasi dengan melakukan login melalui email/id pelanggan/nometer dan kata sandi sesuai yang tadi didaftarkan (pd saat pendaftaran). Proses log in berhasil, pelanggan dapat memanfaatkan 6 fitur layanan yang diharapkan dapat membantu pelanggan mengenai informasi dan layanan yang dibutuhkan. Enam fitur layanan tersebut antara lain, Permohonan, Pengaduan, Feedback, Informasi , Tarif Listrik dan FAQ.

Saat ini dikatakan Budi, total pelanggan PLN WS2JB sebanyak 2.798.478 pelanggan dengan proporsi 929.137 pelanggan prabayar (33%) dan 1.869.341 pelanggan pasca bayar (67%). # ren