Sumsel Memukau di Pekan Produk Budaya Nusantara Expo dan Forum 2016

11

unnamedJakarta, BP

Pemerintah Provinsi Selatan mengikuti Pekan Produk Budaya Nusantara Expo dan Forum 2016 yang diselenggarakan oleh Kemendagri dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di Taman Mini Indonésia Indah Jakarta.

Nusantara Expo dan Forum 2016 diikuti oleh seluruh pemda di Indonesia, kementerian dan lembaga, BUMN/BUMD/BPMD/Swasta, berlangsung 19 – 23 Oktober 2016. Menurut Asisten I Pemprov Sumsel Ikhwanuddin, Pemprov sumsel berpartisipasi salah satu narasumber yang terpilih dari 34 provinsi di Indonesia di forum bergengsi tersebut. Semua direncanakan dipaparkan langsung Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin dengan materi Rencana Bangun PLTBM, 60 M Berbasis Rumput Gajah dan Batang Kelapa Sawit di kawasan remote area di hadapan audensi yang dihadiri oleh kementerian/lembaga, BUMN, dan swasta.

Baca:  Sumsel Dapat Lagi Kado Manis Akhir Tahun

Ditambahkan oleh Karo Pemerintahan H Edward Chandra yang diwakili oleh Herryandi Sinulingga,Ap selaku sekretariat tim Nusantara Expo dan forum Provinsi Sumsel, di samping kegiatan forum dimaksud, Tim sumsel yang berpartisipasi di nusantara expo antara lain Pemkot Palembang, Pagaralam, Kabupatén OKI, Musiarwas, OKUS, dan Kabupaten Empatlawang.

Hérryandi Sinulingga menambahkan, lima kabupaten dimaksud memamerkan produk unggulan daerah Sumatera Selatan antara lain, kain songket salah satu warisan dunia yang diakui UNESCO, kain jumputan khas Palembang, batik palembang, dan berbagai kerajinan hasil UKM binaan Disperindag Kab/Kota se Sumsel.

Baca:  Diapresiasi Menteri LH Singapura

Selain itu, produk olahan makanan hasil inovasi masyarakat sumsel seperti pempek berbagai macam rasa,pempek kaleng, kopi basemah, kopi semendo, kopi dan teh Pagaralam serta potensi wisata di Sumsel.

Patut berbangga di acara opening ceremony Sumsel berkibar dikarenakan tim tari Pemkot Palembang binaan Dinas Pariwisata Palembang terpilih menjadi tim tari yang pertama tampil yang disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, dan Menko PMK RI serta disaksikan oleh 34 provinsi dan 500 kabupaten kota se indonesia yang ikut hadir di acara Nusantara Expo dan Forum 2016 tersebut. #rel