AS Jajaki Investasi di Sumsel

11

# Lirik Bidang Infrastruktur dan Teknologi

 as-jajaki-investasi-di-sumsel-1Palembang, BP

Sumatera Selatan semakin menarik di mata investor internasional. Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) Medan dalam waktu dekat akan membawa sejumlah perusahaan yang akan berinvestasi di Sumsel, guna mendukung gelaran Asian Games 2018.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, banyak hal yang bisa dijadikan investasi di provinsi ini. Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api. Serta perhelatan Asian Games 2018 dan rencana digelarnya MotoGP 2018 menjadi daya tarik Sumsel bagi investor asing.

“Mereka (Konjen AS-red) menjajaki peluang investasi di bidang infrastruktur dan teknologi. Yang paling dekat ini banyak yang untuk mendukung gelaran Asian Games,” ujar Alex usai menerima Konjen AS Medan Juha P Salin di Griya Agung, Selasa (11/10).

Sementara Konjen AS Medan Juha P Salin menilai Sumsel sebagai provinsi paling maju di Indonesia, dilihat dari pesatnya pembangunan infrastruktur.

Diakuinya, kedatangan dirinya ke Palembang untuk menjajaki peluang investasi di sini, khususnya bidang infrastruktur dan teknologi. Ia berharap banyak perusahaan asal Negeri Paman Sam yang ikut membantu menyukseskan Asian Games 2018 di Palembang.

Disinggung perusahaan mana saja yang akan berinvestasi di Sumsel, ia belum bisa merincinya. Tapi yang jelas, ada respon positif dari pihak swasta di negeri adidaya itu.

“Saat ini beberapa perusahaan sedang menjajaki Sumsel sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Ke depannya tentu masih ada proses lebih lanjut tentang apa saja yang benar-benar bisa diinvestasikan. Untuk saat ini belum bisa dipastikan perusahaan apa saja yang benar-benar akan berinvestasi,” ujarnya.

Juha pun mengatakan, selain untuk mendukung Asian Games, kemungkinan perusahaan-perusahaan tersebut berinvestasi di bidang lain pun sangat terbuka lebar, mengingat masih banyak yang bisa dikembangkan di Sumsel, seperti bidang energi terbarukan dan pariwisata.

Selain itu, melihat kegigihan Pemprov Sumsel dalam memerangi kebakaran hutan dan lahan serta menjaga lingkungan, menjadi perhatian Pemerintah AS untuk membantu provinsi ini di bidang lingkungan.

“Kami pun ingin ikut membantu Sumsel dalam melestarikan lingkungan. Kita lihat ke depannya. Kami serius membantu Sumsel dalam pembangunan untuk perkembangan ekonomi. Kami akan terus dampingi dan menyakinkan perusahaan tersebut untuk berinvestasi di Sumsel di banyak bidang,” ucapnya. # adv