Pemprov Sumsel Perkuat Potensi Wisata Bahari

17

DISBUTPAR SUMSEL/ISTIMEWAH PUTRA PUTRI SUMSEL-Seorang peserta Putri Sumsel memberikan jawaban dari pertanyaan juri pada sesi penyeleksian dan karantina peserta

Seorang peserta Putri Sumsel memberikan jawaban dari pertanyaan juri pada sesi penyeleksian dan karantina peserta

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Grand Final Pemilihan Putra Putri Sriwijaya di Dining Hall Wisma Atlet Jakabaring Palembang, Sabtu (8/10).

Dalam kata sambutannya, Gubernur H Alex Noerdin mengatakan, pemilihan Putra Putri Sriwijaya sebagai upaya untuk mencari kader-kader yang dapat membanggakan pariwisata dan budaya Sumsel. “Ini diselenggarakan setiap tahun, sudah banyak kader yang lahir selama ini. Mereka inilah yang telah membantu menyosialisasikan dan mengenalkan pariwisata dan budaya Sumsel,” kata Alex.

Karena itu, Alex berharap agar Putra-Putri Sriwijaya yang akan terpilih nantinya dapat meneruskan tugas yang diberikan padanya. “Siapapun nantinya akan sangat diharapkan dapat membantu Pemprov Sumsel untuk mengenalkan potensi pariwisata terlebih sebentar lagi Palembang akan jadi tuan rumah Asian Games. Kita akan menonjolkan pariwisata dan budaya yang dimiliki 17 kabupaten/kota sehingga dilirik dan dikenal oleh mancanegara,” terang Alex.

Baca:  Kemenpar Dorong Daerah Bentuk TDUP

Tak hanya mengenalkan pariwisata Sumsel, Putra-Putri Sriwijaya diharapkan dapat menjaga dan melestarikan tempat-tempat wisata dan kaya akan unsur budaya khas Sumsel. Perbedaan budaya di Sumsel yang beragam itulah yang hendaknya menjadi nilai tambah bagi Sumsel itu sendiri. “Putra-Putri Sriwijaya ini menjadi duta pariwisata Sumsel. Jadilah terdepan yang menjaga nama baik dan membanggakan Sumsel,” terang dia.

Sementara itu Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Sumel Drs Akhmad Najib berujar, Pemprov Sumsel berencana akan meningkatkan potensi wisata bahari dengan menjadikan Sungai Musi sebagai  destinasi pariwisata air di Kota Palembang bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Baca:  Tingkatkan Destinasi Wisata Sumsel

“Kementerian PU meminta Sumsel untuk mengambil peluang saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Selain akan sport tourism-nya, pariwisata lainnya dicoba,” ujarnya.

Pemprov mencoba untuk memperkuat Sumsel menjadi destinas-destinasi yang ada daerahnya perairan misalnya wisata air dan kuliner dan kemudian di situ akan ada ponton-ponton yang akan dibangun dan kebersihan sungai dari eceng gondok harus dibersihkan. Najib mengatakan, daerah-daerah aliran Sungai Musi sampai Simpang Muara Sungsang itu betul-betul agar bisa menarik bagi wisatawan, saat ini pihaknya sudah mempersiapkannya.

“Di samping itu kita sudah menyiapkan destinasi yang bagus dekat dengan Kota Palembang itu adalah air dari Sungai Musi yang akan menjadi ikon. Dan landmark di sekitarnya seperti Kampung Kapitan, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak. Oleh karena itu dari kementerian nanti akan menyiapkan bentuk model wisata terapung serta untuk pendanaannya dalam pengadaan peralatannya itu kita harapkan dari pemerintah pusat dan kementerian PU,” ujarnya.

Baca:  Pesta Budaya Simalungun Digelar, Dukung Agenda Wisata Sumsel

Dalam acara tersebut hadir Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Direktur Umum Bank Sumsel Babel Iskandar, Ketua BPK Perwakilan Sumsel I Gede Kastawa, Kapolresta Palembang Tommy Aria Dwiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga dan tamu undangan lainnya.#adv