Tax Amnesty Mendidik Masyarakat Disiplin Bayar Pajak

7

wakil-ketua-mpr-oesman-sapta-_160503145851-446
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta

Jakarta, BP

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menilai kebijakan tax amnesty pemerintahan Joko Widodo sudah tepat dan cerdas.  Sebab kebijakan tax amnesty mendidik  masyarakat  disiplin  membayar pajak.

“Kebijakan pemerintah di bawah kepemimpinan Joko Widodo tidak perlu diragukan lagi. Presiden telah memberikan pengampunan bagi mereka yang selama ini  bersalah mengenai pembayaran  pajak. Suara-suara sumbang   yang bilang kebijakan ini menggerogoti kekayaan orang, nggak betul itu,” kata Oesman Sapta dalam dialog  Tax Amnesty, Repatriasi Dana ke Indonesia Peluang dan Tantangannya, di Jakarta, Kamis (22/9).

Menurut Oesman Sapta kebijakan tax amnesty dilakukan berdasarkan undang-undang yang ada. Dengan demikian  dijamin tidak akan diganggu gugat, jangan khawatir nama pembayar pajak terutama pengusaha akan dilindungi pemerintah .

Dengan kebijakan itu, kata Oesman Sapta,  masyarakat sudah mulai menyadari dan terbukti  warga  berduyun-duyun membayar pajak lewat tax amnesty. Dan memang pemerintah harus mengeluarkan kebijakan tax amnesty  untuk mendapatkan dana  besar  membangun infrastrukur di seluruh Indonesia.  “Hanya dengan membangun sarana prasarana dan infrastruktur di setiap daerah kehidupan rakyat bisa lebih baik,” tegas Oesman Sapta.

Dia menambahkan, tax amnestyjuga  untuk mendisiplinkan pengusaha dan masyarakat yang lain untuk patuh pada aturan, terutma  membayar pajak. Kalau uang yang ada di luar negeri sudah kembali masuk Indonesia melalui tax amnesty maka selanjutnya segera dibuatkan   aturan yang lebih baik untuk  Singapura.

Menjawab pertanyaan Singapura membuat aturan yang akan mempersulit ditariknya uang dari negara tersebut, Oso mengatakan kita menghormati aturan  negara tetangga kita itu. Namun Singapura juga harus menghormati aturan yang dibuat pemerintah Indonesia. #duk