Home / Headline / Sumsel Pecah Emas, Langsung 2 Keping

Sumsel Pecah Emas, Langsung 2 Keping

Nomor Menembak

2109-01-dapat-emas-fer

Kontingen menembak Sumsel usai meraih medali emas PON Jabar di Venue Cisangkan, Cimahi Bandung, Selasa (20/9).

Bandung, BP

Kontingen Sumatera Selatan akhirnya meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat. Tak tanggung-tanggung, menembak langsung memborong dua emas dan satu perunggu di hari pertama penyelenggaraan cabang menembak PON 2016.

Keping emas berhasil dipersembahkan lewat kerja sama Trio Srikandi menembak andalan Sumsel di nomor air riffle woman team yang digelar di Venue Cisangkan, Cimahi Bandung. Ketiganya adalah Fidella Puspa Dewi, Rachma Inda Saputri, dan Ayu Estri Handayani yang langsung meraih bonus dadakan dari Chif de Mission (CdM) Kontingen Sumsel Muhammad Adil sebagai pemecah emas setelah sempat beberapa hari harus berpuasa medali emas.

Ketiganya merebut emas, setelah mencatatkan poin tertinggi berjumlah 1208,6 poin di final. Nilai tersebut juga menyingkirkan pesaing dari daerah lainnya yaitu Jawa Tengah yang diperkuat Dinnie Ario Wiharsanti, Shila Prasasti, dan Norma Gupita yang merebut 1206,3 poin berhak atas medali perak.

Di urutan ketiga direbut Kalimantan Selatan yang diperkuat Gina Farhita, Fitri Ramadani, dan Savira dengan nilai 1196,2 poin. Sementara tuan rumah Jawa Barat hanya berada di urutan keempat.

“Alhamdulillah, sekarang kita berhasil meraih dua emas dan satu perunggu. Dari dua nomor yang kita ikuti sementara,” ujar Pelatih Menembak Sumsel Saptono, Selasa (20/9).

Di nomor tersebut, sambung Saptono, perak berhasil diraih wakil Jateng dan perunggu diraih oleh delegasi petembak DKI Jakarta. Sementara emas kedua berhasil disabet oleh petembak asal Bumi Sriwijaya Fidella Puspa Dewi lewat nomor spesialisnya air riffle perorangan putri.

“Dan di nomor yang sama, perunggunya yang dapat adalah atlet kita yaitu Rahma Inda Saputri. Sehingga di nomor air riffle perorangan putri, kita hanya lepaskan perak ke atlet Papua,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Saptono, ini adalah awal yang bagus bagi kiprah tembak Sumsel karena masih ada lima nomor yang akan dihadapi pada laga lanjutan hari ini.

Kelima nomor tersebut adalah small prone putra dan Putri, Tiga posisi perorangan dan perorangan serta air pistol putri junior.

“Kalau bicara kans medali, kita berharap bisa menambah satu emas,” harapnya.

Disinggung dari nomor apakah yang paling berpeluang, pria yang berkarir di Bank Sumsel Babel ini tidak ingin terlalu jumawa atas kemenangan sementara.

“Kita lihat saja besok (hari ini-red). Mudah-mudahan sesuai harapan dan kami mohon doa dari masyarakat Sumsel bisa menambah medali lebih maksimal,” tukasnya.

Senada dikatakan salah satu petembak Sumsel Fidella Puspa Dewi. Ia mengaku bersyukur bisa membuka kompetisi dengan hasil yang terbaik. Hal ini, tak terlepas dari peran latihan dan pembinaan pelatih selama ini.

“Kita masih ada nomor lagi yang belum tanding. Kita tetap harus fokus dan istirahat yang cukup untuk tanding besok (hari ini-red),” jelasnya.

Manajer tim menembak Sumsel Sigit Wibowo gembira atas perolehan atlet-atlet tersebut. Padahal ketiga atlet tersebut tidak dibebankan target medali emas.

“Target untuk nomor beregu ini sebenarnya bukan emas. Namun mereka mencapainya dengan sangat baik,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kontingen Sumsel Taufik Arief yang melakukan pendampingan dalam kompetisi menembak mengatakan bahwa nomor andalan menembak belum dipertandingkan. Apalagi seperti petembak Wisnu Aji dan Maharani Ardi.#sug

 

Daftar Perolehan Medali Sumsel

PON XIX Jabar 2016

EMAS

1   (Menembak / Air Riffle Beregu Putri //

Rahma Indah Saputri, Fidela Puspa Dewi, Ayu Estri)

1   (Menembak Air Rifle Perorangan Putri.//Fidela Puspa Dewi

PERAK

1   (Dayung / Rowing Double Sculls W2X Putri //

Yuniarti & Wahyuni)

1   (Dayung / Rowing Double Sculls Kelas Ringan LW2X Putri //

Yuniarti & Wahyuni)

1   (Catur / Kilat Beregu Putri // Xena Lauren, Alicia Fitri Wahida, Alivia Noviansyah, Nyimas Shieta Prima & Nyimas Sonya Nafa

PERUNGGU

1   (Dayung / Rowing Quadruple Sculls 4X Putri //Yuniarti , Wahyuni, Meri Andini & Evi Diana

1   (Dayung / Rowing Quadruple Sculls 4X Putra //

Oktaviansyah, Luckyus, M Sahrin & Suryadi

1   Menembak /Air Rifle Perorangan Putri//Rahma Indah Saputri

1   Polo Air / Beregu Putra

1   Angkat Besi/Riyan

Total Medali

2 Emas

3 Perak

5 Perunggu

 

x

Jangan Lewatkan

Pjs Bupati OKU Dipegang Muhammad Zaki Aslam

Baturaja, BP–Pengukuhan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati OKU Oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru Bertempat di Griya Agung Palembang Sumsel, ...