Pilgub 2018 Diprediksi Telan Dana Rp441 Miliar

7

downloadPalembang, BP
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan memprediksi dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2018 mendatang mencapai Rp441 miliar.

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, dana tersebut sudah dihitung seefisien mungkin dan terbilang standar dalam penyelenggaraan Pilgub.

Dirinya menjelaskan, dana tersebut sebagian besar untuk honor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebesar 30 persen, kemudian untuk bahan kampanye KPU sebesar 30 persen, sedangkan sisanya untuk logistik surat suara terkait dengan kebutuhan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Ini kami hitung sesuai dengan peraturan terbaru terkait dengan alokasi anggaran pilkada yang diakomodir oleh KPU,” terangnya, Senin (19/9).

Aspahani berujar, pihaknya telah mengajukan anggaran tersebut kepada Gubernur Sumsel yang di dalamnya, pihaknya telah memplot dua termin untuk anggaran tersebut yang harus didapatkan pada 2017 mendatang sebesar Rp 80 miliar sedangkan sisanya Rp 360 miliar pada tahun 2018.

“Memang untuk pembahasan siklus anggaran ini paling efektif pengeluaran untuk tahun 2017 harus diusulkan tahun 2016 ini. Karena itu, kami telah mengajukan dana tersebut,” ujarnya.

Aspahani juga menambahkan, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyambut baik pengajuan tersebut karena memang Gubernur ingin Sumsel termasuk dalam penyelenggaran Pilkada terbaik. Namun, dirinya berharap secara teknis harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan beberapa pihak seperti Bawaslu, pihak Kepolisian dan TNI terkait dengan keamanan serta Kesbangpol.#idz