Home / Headline / Jaksa: Ofi Pengguna Narkoba

Jaksa: Ofi Pengguna Narkoba

Sidang ofiPalembang, BP

Menurut Jaksa Penuntut Umum (JPU), perbuatan terdakwa Ahmad Wazir Nofiadi Mawardi alias Ofi (28) terbukti menyalahgunakan narkotika golongan I bukan tanaman bagi diri sendiri.

Tuntutan terhadap Bupati Ogan Ilir nonaktif tersebut disampaikan JPU Ursula Dewi dalam surat tuntutan yang dibacakan pada persidangan di Pengadilan Negeri Palembang, Kamis (8/9).

Atas perbuatan tersebut terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Jaksa menuntut terdakwa dihukum menjalani rehabilitasi selama enam bulan, dikurangi masa rehabilitasi yang telah dijalani oleh terdakwa baik di Lido, Bogor maupun yang saat ini di RS Ernaldi Bahar Palembang.

Selain itu, tuntutan yang sama juga diajukan JPU terhadap terdakwa Murdani alias Dani (30) dan Faisal Roche alias Ichan (39), yang sebelumnya bersama Ofi ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) RI.

Usai jaksa membacakan tuntutan masing-masing terdakwa, termasuk Ofi melalui penasihat hukumnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi pembelaan. Sebelum majelis hakim yang diketuai Ahmad Ardianda Patria menjatuhkan putusan yang dijadwalkan akan dibacakan pada persidangan 13 September mendatang.

Usai persidangan, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Palembang Hendri Yanto mengatakan, tuntutan yang dibacakan dalam persidangan dibuat bukan hanya dari Kejari Palembang. Akan tetapi dibuat dengan mengikutsertakan keputusan dari Kejaksaan Tinggi Sumsel dan Kejaksaan Agung RI yang telah diajukan sebelumnya.

“Kalau untuk hal lain saya tidak bisa mengatakan. Kapasitas kami di sini hanya dalam ranah hukum persidangan,” ucap Hendri.

Seperti diketahui, sejak ditangkap petugas BNN RI dari rumahnya di Jalan Musyawarah, Komplek Bandar Baru Permai, Blok E5, RT5, Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus Palembang pada 13 Maret, Ofi bersama Murdani dan Faisal Roche sudah mulai menjalani rehabilitasi di Panti Rehabilitasi Narkoba, Lido, Bogor, Jawa Barat. Kemudian dipindahkan ke RS Ernaldi Bahar Palembang setelah BNN melimpahkan berkas perkara serta ketiga tersangka ke Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Palembang, pada 9 Agustus lalu. # ris

x

Jangan Lewatkan

Kapolda Sumsel Hadiri Gelar Operasi Triwulan Ke-2 Tahun

Palembang, BP Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel)  Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S., MM didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol ...