Batal Masuk Honor Sat Pol-PP, Rp5 Juta Melayang

10

PicsArt_09-07-08.36.58
Piryadi, korban yang ditip,u usai melaporkan kejadian yang dialaminya di Mapolresta Palembang, Rabu (7/9).

Palembang, BP

Tergiur ingin memasukkan adiknya bekerja sebagai honorer di Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Kota Palembang, Piryadi malah kena tipu dan harus kehilangan uang Rp5 juta.

Pria yang tercatat sebagai warga Jalan Srijaya Negara, Gang Bedeng, RT 27 RW 11, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Palembang ini Rabu (7/9) siang mengadu ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang.

Baca:  Nenek Bayangkara Ditipu Rp55 Juta

Diceritakan korban, kejadian bermula saat dirinya berkenalan dengan terlapor inisial Ab (36) yang mengaku sebagai pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di Sat Pol-PP Kota Palembang pada 5 Desember 2015 lalu.

Di sana, menurutnya korban, terlapor yang diketahui tinggal di kawasan 13 Ulu Palembang ini menawarkan diri bisa memasukkan seseorang menjadi honorer di tempatnya bekerja.

“Karena adik saya, Iwen Saputra (22) belum mempunyai pekerjaan, saya langsung menanggapi tawaran terlapor. Namun, terlapor meminta uang pelicin senilai Rp20 juta,” ungkapnya.

Baca:  Penipuan Penerimaan PNS, Dihukum 2,5 Tahun

Namun, masih dikatakannya, saat itu dia tak bisa menyanggupi uang tersebut, sehingga dijanjikan akan melunasi sisa pembayaran senilai Rp15 juta setelah adiknya tersebut diterima sebagai honorer di Sat Pol-PP Kota Palembang.

“Saya berikan Rp5 juta dulu. Tapi nyatanya sampai sekarang adik saya belum juga bekerja dan saat meminta uang dikembalikan hingga kini uang itu tak dikembalikan juga,” kesal dia.

Baca:  Kunci Motor Digandakan Teman, Rizal Lapor Polisi

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede membenarkan, adanya laporan korban tersebut di Polresta Palembang. Laporan korban juga sudah diterima petugas.

“Laporan sudah kita terima dan selanjutnya laporan korban akan segera ditindak lanjuti anggota di lapangan,” tutupnya. #rio