Melawan Persiba, Bangkit atau Semakin Terpuruk

13

09 03 -- Sriwijaya FC vs PersibaPalembang, BP

Melakoni tiga laga terakhir tanpa kemenangan, Sriwijaya FC bertekad menjadikan laga menjamu Persiba Balikpapan sebagai titik kebangkitan. Memetik tiga poin menjadi keharusan.

Pertandingan perdana putaran kedua kompetisi Torabika Soccer Championship memang teramat penting bagi kubu Laskar Wong Kito. Bagaimana tidak, tiga laga sebelumnya dilalui dengan hasil minor.

Setelah berimbang dengan Pusamania Borneo FC 2-2, SFC takluk di tangan Bali United 0-1, dan bermain imbang 1-1 dengan Arema Cronus di depan pendukung sendiri.

Kesempatan menghentikan tren negatif terbuka lebar saat menjamu Persiba di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Sabtu (3/9). Skuad asuhan Widodo Cahyono Putro bakal bermain lebih agresif guna mendapatkan gol cepat dan tetap fokus selama 90 menit.

“Kita selalu berhasil mencetak gol duluan. Entah itu lewat tendangan bebas atau melalui open play. Tapi kerap kecolongan di menit akhir. Ini jadi catatan kami,” kata pelatih SFC Widodo Cahyono Putro, Jumat (2/9).

Baca:  SFC Pagari Pemain Dengan Uang Muka

Ia telah mewanti-wanti anak asuhnya untuk tetap fokus, utamanya lini belakang agar tidak kebobolan jelang bubaran. “Kita juga sudah latihan bagaimana membongkar pertahanan Persiba bila mereka main bertahan,” ujarnya.

Dikatakan dia, penguasaan bola adalah hal yang utama. Pemain mesti lebih sabar dalam menerobos pertahanan berlapis lawan. Menyerang terburu-buru takkan efektif, karena pasti lebih mudah dipatahkan.

“Perlu diingat juga, bisa jadi Persiba akan melakukan serangan balik. Pemain harus siap akan hal itu,” tukasnya.

Supardi dan kawan-kawan harus bermain disiplin dan konsentrasi. Apa yang telah dilatih sebelumnya mesti diterapkan, karena Persiba pasti sudah mempelajari titik lemah Laskar Wong Kito.

Bisa jadi tim tamu akan menyerang habis-habisan di pengujung babak kedua. Serangan balik yang cepat akan menjadi senjata mematikan mereka. “Ball possession harus dimainkan bukan saja di areal pertahanan SFC, tapi juga di lapangan Persiba,” ucapnya.

Baca:  Malas, Osas Dipecat

Tentu misi ini tidaklah mudah, karena Persiba tengah berada dalam semangat yang tinggi. Berbekal kemenangan 2-0 atas PS TNI di partai sebelumnya, tim besutan Jaino Matos ini lebih termotivasi untuk tampil garang di kandang SFC nanti.

Hanya saja, tim ini tidak konsisten. Shohei Matsunaga dkk sanggup tampil apik di sejumlah laga, tapi sering pula gagal memanfaatkan peluang untuk mengamankan poin penuh di laga kandangnya. Seperti kala mereka takluk 1-2 di kandang sendiri dari tamunya Perseru Serui.

“Persiba mainnya bagus. Kami harus konsentrasi agar bisa tampil lebih konsisten,” kata Pelatih Persiba Jaito Matos.

Baca:  SFC Yakin Menang di Padang

Untuk persiapan melawan SFC, anak asuhnya lebih mengedepankan mental karena tim lawan punya materi pemain bagus. Pemain harus bermental baja sehingga bisa mengalahkan Supardi dan kawan-kawan di depan pendukungnya sendiri.

“Di manapun bertanding, mental dan persiapan teknis menjadi hal yang kami persiapkan. Pemain sudah siap bertanding,” tandasnya.

Jaino mengklaim sudah mengantungi kelemahan SFC. Dia memberikan beberapa instruksi pada anak asuhnya. Taktik dan strategi ini bila dijalankan, diyakini akan dapat membuat tim tuan rumah tumpul.

Tapi bukan berarti Persiba akan bermain bertahan. Sejak awal mereka datang untuk sebuah kemenangan. “Kita target tiga poin, jadi pemain harus bisa mencetak gol pastinya,” tuntasnya. # zal