Beli Burung di Facebook, Rp1,3 Juta Terbang

10

unnamed
Syafril, korban kasus penipuan membeli burung melapor kejadian yang dialaminya di SPKT Polresta Palembang, Jumat (3/9).

Palembang, BP
Tergiur dengan harga Burung Murai Batu yang begitu murah di media sosial (Medsos) Facebook, Syafril Effendi (29) malah menjadi korban kasus penipuan dengan mengalami kerugian sebesar Rp1,3 juta.

Hal itu terungkap, setelah korban yang tercatat sebagai warga Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Komplek Perumahan Bukit Sejahtera, Kecamatan Gandus Palembang ini mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang, Jumat (3/9).

Menurut keterangan korban, peristiwa itu bermula saat ia tengah membuka grup komunitas pencinta burung di akun Facebook. Disana, ia melihat akun bernama ‘Erik Breeding’ yang menjual Burung Murai Batu seharga Rp1,3 juta pada Selasa (30/8) lalu.

Setelah melakukan komunikasi dan sepakat, sambung dia, keesokan harinya ia langsung mentransfer uang sebesar Rp1,3 juta. Kemudian burung tersebut akan dikirim oleh penjual ke alamat rumah korban melalui jalur penerbangan.

“Tapi sampai sekarang (kemarin-red) belum datang juga. Bahkan, penjual burung itu meminta uang tambahan ke saya senilai Rp1,8 juta yang katanya dana tersebut digunakan untuk pembayaran karantina di Medan,” ungkap dia.

Melihat hal tersebut, masih dikatakannya, ia memutuskan untuk tidak mengirim uang yang diminta penjual burung itu karena dirinya sudah merasa ditipu. Untuk itu, takut ada korban lainnya ia memutuskan melaporkan kejadian yang dialaminya ke pihak kepolisian.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede mengungkapkan, jika laporan korban sudah diterima anggota SPKT Polresta Palembang. Selanjutnya, laporan itu akan segera ditindaklanjuti.

“Anggota kita sudah menyeldiki bukti-bukti terkait kasus ini. Saya himbau bagi masyarakat jika belanja online agar lebih berhati-hati,” pungkasnya. #rio