Baku Tembak Polisi VS Grandong, Satu Tewas

24

unnamedMartapura, BP
Aksi baku tembak antara polisi dan anggota kawanan grandong (perampok)  tidak terelakkan. Akibat aksi tersebut anggota Polsek Buay Madang Timur, OKU  Timur, Brigpol Jian Frans Setiawan menderita luka tembak di dada kanan. Sedangkan salah satu grandong, Sarbini  (45), warga Desa Sribulan, Kecamatan Buay Madang Timur kena tembak di paha kiri dan dengkul kanan, serta  kaki patah dan luka di kepala karena digebuki massa.

 

Peristiwa ini terjadi Minggu (28/8) sekitar pukul 07.00 di Desa Sukodadi, Kecamatan. Buay Madang Timur. Brigpol Jian Frans Setiawan yang menderita luka tembak di bagian dada kiri terpaksa dilarikan ke salah satu rumah sakit di Baturaja OKU. Hingga kini polisi itu masih menjalani perawatan intensif.

Baca:  Residivis Dipaksa Duduk di Kursi Roda

 

Sebelum kejadian, lima anggota Buser Polsek Buay Madang Timur  dipimpin Aiptu Hartono sedang melaksanakan patrol rutin di tanggul Irigasi Upper Komering  antara Desa Sukodadi dan Desa Tanjung Agung, Kecamatan  Buay Madang Timur. Tiba-tiba  melintas sepeda  motor jenis Supra X 125 yang dikendarai oleh tersangka yang berhasil melarikan diri dan membonceng tersangka  Sarbini.

Ketika diberhentikan oleh  Brigpol Jian Frans Setiawan, tersangka tidak berhenti dan menerobos hadangan polisi, dengan  cara menabrak Brigadir Jian Frans Setiawan. Lalu  Brigpol  Jian Frans Setiawan menarik tangan tersangka Sarbini. Ketika itu tersangka  Sarbini terjatuh dan langsung mengeluarkan senjata api (senpi) pistol jenis revolver rakitan dan menembak Brigpol Jian Frans Setiawan sehingga dada sebelah kanan anggota polisi ini tertembus peluru.
Tersangka  Sarbini lalu melarikan diri ke sawah, kemudian dengan dibantu warga setempat, polisi berhasil menangkap tersangka Sarbini di sawah, polisi terpaksa melumpuhkan tersangka setelah dua timah panas bersarang di paha kiri dan dengkul kanan lalu warga yang kebetulan berada di lokasi kejadian  menggebuki  tersangka sampai kritis.

Baca:  Copet Pasar 16 Ilir Ditembak

Brigpol Jian Frans Setiawan dilarikan ke salah satu rumah sakit di Baturaja, sedangkan tersangka Sarbini yang sekarat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Martapura dan tidak lama berselang Sarbini meninggal dunia.
Terpisah, Kapolres OKU Timur AKBP Audie S Latuheru saat dikonfirmasi membenarkan ada anggota polisi yang menderita luka tembak, setelah terjadi aksi baku tembak dengan tersangka kejahatan. Saat kejadian anggota sedang melakukan razia rutin untuk menekan kejahatan. ”Anggota kita sedang dirawat di rumah sakit Baturaja, keadaannya sudah membaik,” tandasnya.  #yto