96 PNS Diambil Sumpah, Kadispenda Sumsel Diganti

23

kadispenda-sumsel-h-muslim-se-msi-menerima-trofi-stand_20150521_114712
Kadispenda Sumsel H Muslim

Palembang, BP

Sebanyak 96 pegawai negeri sipil (PNS) eselon II, III, dan IV di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumatera Selatan diambil sumpah jabatan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman untuk melaksanakan tugasnya ditempat yang baru, Rabu (24/8).

Satu-satunya pejabat eselon II yang dipindahtugaskan adalah Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel H Muslim. Posisinya sementara waktu digantikan oleh Marwan Fansuri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perekonomian Setda Sumsel.

Marwan akan menjabat sebagai Sekretaris Dispenda merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispenda Sumsel. Sedangkan Muslim dipindahtugaskan menjadi Kepala Badan Arsip Daerah.

Sekda Sumsel H Mukti Sulaiman menuturkan, gejolak perekonomian yang saat ini melanda Indonesia termasuk Sumsel, berakibat pada target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumsel tidak tercapai. Akibatnya, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel yang selama ini dijabat oleh Muslim SE terpaksa hengkang dan digantikan oleh Marwan Fansuri.

“Ini sebenarnya diakibatkan oleh gejolak perekonomian yang tidak menentu. Bukan salahnya (Muslim-red) juga. Karena itu, tanggung jawab Kadispenda yang baru nantinya akan lebih berat lagi,” ujarnya mengambil sumpah jabatan di Graha Bina Praja Sumsel.

Meskipun begitu, atas nama Pemprov Sumsel Mukti berterima kasih kepada Muslim selama dua tahun menjabat Kadispenda telah berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan capaian PAD. Kedepan, bagi Kadispenda yang baru, ujarnya, harus melakukan konsolidasi kepada seluruh jajaran agar capaian tersebut dapat sesuai target.

“Pemimpin itu harus care dan share, berbagi pekerjaan termasuk berbagi suka dan duka, baik perorangan maupun organisasi. Bahkan bila perlu berbagi rezeki,” terangnya.

Dirinya mengimbau kepada siapapun yang dipindahtugaskan atau pun ditukar jabatan, dijadikan sebagai introspeksi diri apakah sudah menyumbangkan pikiran atau pun prestasi kepada bangsa. Makin tinggi jabatan pegawai, kata Mukti, maka makin besar juga tanggung jawab yang dibebani

Pada 2017 mendatang, pihaknya juga akan melakukan lelang jabatan sesuai aturan Aparatur Sipil Negara (ASN), bahkan anggaran pun sudah disiapkan untuk lelang jabatan tersebut.

“Karena itu persiapkan diri kalian (pegawai-red) karena harapan masih panjang serta tingkatkan kinerja dan wawasan dalam bekerja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sumsel Muzakir menambahkan, pelantikan yang dilakukan kemarin dilakukan kepada 96 orang PNS. Sebanyak satu orang eselon II, 33 orang eselon III, dan 62 orang untuk eselon IV.

Ditempat yang sama, Plt Kadispenda Sumsel Marwan Fansuri mengaku, baru mengetahui bahwa dirinya akan menjabat Plt Kadispenda kemarin pagi dan tidak memiliki persiapan khusus sebelumnya.

Meskipun begitu, dirinya selalu siap melakukan apapun yang ditugaskan oleh pimpinan. Untuk tahap awal ini, pihaknya akan melakukan konsolidasi kepada seluruh jajaran. Selain itu pihaknya juga akan menggali kesadaran para Wajib Pajak  (WP) untuk taat membayar pajak.

“Saya akan kejar para WP yang kesadarannya masih minim. Bahkan nantinya saya ekspos agar mereka taat membayar pajak,” tegasnya. #idz