72 Pecatur Sumsel Duel di Meja Catur

30

Percasi Palembang Gelar Open Turnamen

IMG_20160820_104155
Nyimas Sieta salah satu atlet PON Sumsel saat mengikuti Open Turnamen, Sabtu (20/8).

Palembang, BP

Demi mengasah kemampuan atlet catur Sumsel, sekaligus ‎memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-71, Pengurus Percasi Kota Palembang menggelar open turnamen catur di kantor DPC PDIP Palembang, Sabtu (20/8).

Meski digelar cukup sederhana, uniknya dalam kejuaraan ini 72 atlet yang bakal adu tangkas, tidak dibatasi umur maupun jenis kelamin.

Menariknya, beberapa atlet catur PON juga turut meramaikan di duel asah otak permainan catur ini. Sebut saja Alivia Noviansari, Nyimas Sonya, dan juga Nyimas Sieta.

Baca:  Alivia CS Kalahkan Pecatur Malaysia dan Uzhbekiztan

“Pertama tujuan kita mengadakan kejuaraan ini, merupakan bentuk nyata kita turut menyemarakkan HUT RI. Selain itu, kita ingin mengasah kemampuan atlet kita. Apalagi, ini even ketiga yang kita lakukan. Menariknya, disini kita campur tidak dibatasi usia dan jenis kelamin. Jadi hanya yang terbaik yang bisa jadi pemenang,” ucap Ketua Pelaksana Open Turnamen Anharudin, Sabtu (20/8).

Dikatakan Anhar, dalam kejuaraan kali ini setiap pecatur akan menjalani 9 babak, dengan sekali menang mendapat 1 poin. Jadi akhirnya nanti, siapa yang masuk dalam 4 besar‎ akan kembali diadu.

Baca:  Sholawat Antarkan Prestasi Yuni Hingga Level Asia

“Sistemnya ini catur cepat 25 menit. Melewati 9 babak, dan kita targetkan dua hari selesai,” ucapnya

Disinggung mengenai hadiah yang diperebutkan. Anhar mengaku, jika ada hadiah jutaan rupiah bagi pemenang. ‎Namun, hakikatnya Anhar berharap peserta dapat melihat kejuaraan ini sebagai ajang evaluasi dan silaturahmi.

“Kejuaraan ini diikuti 7 Kabupaten dan Kota. Yakni, Palembang, Pali, Muba, Oi, Mura, Lubuklinggau, Muaraenim‎. Harapan Ketua Percasi Sumsel, bapak Darmawan, yang berhalangan hadir. Jika peserta dapat melihat ini sebagai ajang mengasah kemampuan. Walaupun, hadiah yang menanti cukup besar,” tuturnya.

Baca:  Bakal Hadapi Grand Master, Pecatur Sumsel Cari Peluang di PON Papua

Sementara itu dikatakan Sukri selaku panitian perwasitan bahwa meskipun skala Provinsi, turnamen ini mengacu pada standar profesional.

Sehingga aturan-aturan ketat pun diberlakukan sehingga dari 72 pecatur akan main selama dua babak selama dua hari sesuai waktu yang dijadwalkan.

“Kita mengedepankan sportifitas, Sumsel dikenal penyelenggara olahraga. Nah, ini siapa pun pemenangnya tetap sportif dan profesional,” jelasnya. #sug