Penjual Emas Palsu Diringkus

16

penipu-jual-emas_20160813_191753Palembang, BP
Putra Jaya (37), resedivis kasus penipuan emas imitasi, kembali ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Ilir Timur I, setelah melakukan penipuan dengan menjual emas imitasi kepada Sudarti (49), ibu rumah tangga (IRT), di Jalan Dempo, Kecamatan IT I, Jumat (12/8) .
Dengan berbekalkan surat emas palsu, Putra membujuk korbannya untuk membeli emasnya seberat 3 suku dengan harga Rp5 juta.
Bujuk rayu tersangka, membuat SudartiĀ terpancing untuk membeli emas yang ditawarkannya
“Emas imitasi itu, aku beli di pasar 16 Ilir seharga Rp70 ribu. Sedangkan suratnya aku buat sendiri biar orang yakin bila memang itu emas sungguhan,” ujarnya ketika diamankan di Polsek IT 1 Palembang, Sabtu (13/8) siang.
Korbannya Sudarti (49) yang termakan bujuk rayu tersangka akhirnya mau membeli emas tersebut.
Namun, karena tidak membawa uang tunai Putra mengarahkan korban untuk mengambil uang di ATM di Jalan Dempo tepatnya di ATM bank BRI pada Senin (2/5) lalu.
Usai mendapatkan uang dari korbannya, tersangka memberikan enam suku emas jenis kalung kepada korban.
Putra dan temannya yang mendapatkan uang, langsung kabur meninggalkan korban.
Barulah sadar, setelah emas yang diterimanya merupakan emas palsu setelah hendak dijual.
Karena telah menjadi korban penipuan, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsekta IT I Palembang. Dari laporan nomor LP/B/288/V/2016/IT.1 tanggal 2 Mei 2016, anggota Polsek IT I melakukan penyelidikan.
“Aku sudah empat kali melakukan penipuan dengan modus seperti ini. Dua kali tertangkap dan masuk penjara. Aku beraksi kadang bersama teman dan kadang sendirian, tetapi kebanyakan beraksi sendirian,” ujarnya.
Kapolsek IT 1 AKP Rivanda melalui Kanit Reskrim IT 1 Ipda Alkap mengatakan Putra Jaya yang merupakan warga Perumahan Asera Sako Borang Palembang ditangkap setelah melakukan penipuan dengan modus berpura-pura tersesat di Palembang dan tidak tahu jalan serta kehabisan ongkos.
“Tersangka ini mengatakan kepada korban dia sedang tersangkut perkara dan akan melarikan diri, sehingga membujuk korban untuk membeli emas miliknya sebanyak dua untai kalung seberat enam suku. Untuk lebih meyakinkan korbannya, tersangka dibantu temannya berinisial H yang pura-pura mau membeli emasnya, sehingga korban terbujuk dan membeli emas imitasi seharga Rp 10.5 juta,” ujarnya.
Ketika dilakukan penangkapan, tersangka tengah beraksi dan melihat polisi datang ia mencoba membuang emas imitasi yang dipegangnya. Tetapi keburu ditangkap anggota Polsek IT 1Palembang beserta barang bukti emas imitasi dan surat emas palsu.
“Tersangka ini sudah beberapa kali melakukan aksinya dengan modus yang sama. Sasarannya orang-orang yang berbelanja di Pasar 16 Ilir Palembang,” katanya.#osk