Tiga Kebakaran Terjadi di Palembang

17

IMG-20160806-WA0026Palembang, BP

Kemarau sudah masuk wilayah kota Palembang. Dampaknya kebakaran mulai melanda kota ini. Setidaknya tiga kebakaran terjadi dalam waktu kurang 12 jam.

Kebakaran pertama yang terjadi di Jalan Basuki Rahmat, Lorong Indras yang menghanguskan dua rumah yang dibuat kontrakan tidak mengakibatkan timbulnya korban jiwa, Sabtu (6/8) sekitar pukul 16.00.

Akan tetapi, kebakaran yang terjadi ini menimbulkan kerugian yang cukup besar karena ada 11 kepala keluarga yang menempati dua rumah yang dijadikan kontrakan ini.

Dua rumah tersebut diketahui milik H Madnur dan H Syawaludin dan semunya hangus terbakar.

Mobil pemadam kebakaran yang tiba, langsung berupaya memadamkan api yang telah membakar dua rumah yang terbuat dari kayu tersebut.

Baca:  Kekasih Cemburu Lalu Bakar Rumah Pacar

Warga yang mengetahui kejadian ini, berupaya untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Karena, api terus membesar dan ditakutkan menjalar ke rumah yang lain, beberapa jam  kemudia api bisa dipadamkan.

Ketua RW 09 Thamrin Prabujaya menjelaskan, memang dua rumah yang terbakar tersebut milik H Madnur dan Syawaludin.

Tetapi, rumah milik kedua warganya ini sebagian besar dijadikan tempat kontrakan.

“Belum tahu penyebab kebakarannya, tetapi warga panik setelah melihat api mulai menyala besar,” katanya.

Sebelumnya sebuah rumah permanen yang berada di Jalan Kancil Putih, Kecamatan IB I, Palembang terbakar, Sabtu (6/8) sekitar pukul 14.00.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang terjadi, akan tetapi terlihat atap rumah permanen berwarna biru sudah hangus terbakar.

Baca:  Diduga Tak Ada Penjagaan, Kantor DPRD PALI Ludes Terbakar

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Palembang yang mendapat informasi langsung berupaya melakukan pemadaman terhadap kebakaran yang terjadi di rumah tersebut.

Sebelumnya kebakaran terjadi di Jalan KH Azhari daerah Tangga Takat Plaju, Jumat (5/8) malam. Sebanyak 3 rumah hangus terbakar akibat api yang diduga berasal dari salah satu rumah warga yang tengah memasak.

“Dugaan awal, kebakaran ini berasal dari kompor salah satu warga yang tengak masak dan menyebar ke sekitarnya,” kata  Kompol Zainuri, Kanit Jatanras Polda Sumsel saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurutnya, padatnya lokasi pemukiman di wilayah tersebut membuat api cepat menjalar ke rumah yang lain. “Waktu kejadian diperkirakan pukul 08.11  dan warga langsung memberikan bantuan sebelum datang bantuan, apalagi lokasi kejadian tidak jauh dari pinggiran sungai musi,” jelasnya.

Baca:  Puluhan Kios Pasar Buah Jakabaring Terbakar

Setelah 30 menit, api akhirnya dapat berhasil dipadamkan berkat bantuan dari Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Palembang. “Ada 9 mobil pemadam yang tiba dan dalam waktu 30 menit api bisa dipadamkan,” tambahnya.

Kebakaran ini sempat mengundang perhatian warga, namun kesigapan pihak keamanan yang langsung mengisolosir TKP membuat proses pemadaman dapat berlangsung lancar. Lokasi kebakaran yang tidak jauh dari kampus kebidanan Heppy Zal juga membuat para mahasiswi harus sibuk membantu warga dalam proses pemadaman ini.#osk