Lawan PDS TNI, SFC Pesta Gol

13

SFC v PS TNIPalembang, BP

Sriwijaya FC menang telak atas tamunya PS TNI 6-1 dalam laga lanjutan Torabika Sccer Championship (TSC) 2016 pekan ke-14 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sabtu (6/8) malam.

Dua pemain asing SFC asal Brasil, Alberto Goncalves dan Hilton Moreira, benar-benar menjadi ‘monster’ di pertandingan ini. Beto memborong empat gol SFC (menit 44, 45, 63, dan 85), dua lainnya dilesakkan Hilton (menit ke-34 dan 89). Sementara satu-satunya gol balasan PS TNI hadir dari titik putih oleh Erwin Ramdani menit ke-72.

Berhasil mengamankan tiga poin, Laskar Wng Kito naik ke peringkat ketiga dengan mengemas 26 poin, menggusur Bhayangkara Surabaya United, yang kalah selisih gol. Sementara PS TNI bertahan di peringkat ke-14 dengan 13 poin.

Kepada awak media, Alberto ‘Beto’ Goncalves mengatakan, empat golnya itu dipersembahkan buat sang ibunda, Jasima Goncalves, yang baru saja berulang tahun ke-56.

Baca:  Kulit Badak Tenaga Kuda

“Saya persembahkan buat Mama yang ulang tahun ke-56 kemarin (Jumat-red),” ucapnya.

Sejak awal pertandingan, diakui pemain asal Brasil ini, diriya memang menargetkan kemenangan. “Sejak awal bukan top skor yang saya incar, tapi membawa tim ini juara, saya senang karena kita menang,” katanya.

Pelatih Kepala SFC Widodo Cahyono Putro mengatakan, dirinya memang menginstruksikan anak asuhnya untuk menyerang lawan sejak awal. “Saya instruksikan pemain untuk tampil menekan sejak menit awal. Alhasil, pertahanan mereka kocar-kacir. Inilah yang membuat kami bisa menang besar,” ujarnya.

Menurut dia, tim yang bermaterikan pemain muda seperti PS TNI, akan kesulitan apabila menghadapi tim yang bermain menekan sejak awal. “Itu sudah jadi problem klasik. Kalau tim muda terus ditekan, mereka tak bisa berkembang. Akhirnya begini,” katanya.

Baca:  Coach Rahmad Darmawan Tinggalkan Sriwijaya FC

Sementara itu Pelatih PS TNI Suharto AD meminta maaf kepada suporter lantaran timnya kalah telak. “Kita minta maaf pada semuanya. Ke depan, kita akan berusaha lebih baik lagi,” katanya.

Ia menilai SFC bermain sangat baik. Anak asuhnya tidak bisa berkembang sama sekali dalam laga ini.

“SFC pantas menang. Mereka bermain sangat baik sekali,” ucapnya.

Gelandang PS TNI Guntur juga meminta maaf atas kekalahan timnya dari SFC. “Kita akan berusaha lebih keras lagi kedepannya,” ucapnya.

Tuan rumah membuka keunggulan di menit ke-34. Hilton Moreiro mencatatkan namanya di papan skor usai memaksimalkan umpan lambung Firman Utina.

Di menit ke-45, SFC menggandakan keunggulan. Kali ini Alberto ‘Beto’ Goncalves yang mencatatkan namanya di papan skor usai memperdaya kiper tamu, Dhika Bayangkara.

Baca:  Tetap Perkuat SFC

Di masa injury time, Beto kembali mencetak gol dengan memanfaatkan umpan Yohanis Nabar. Skor 3-0 untuk keunggulan Sriwijaya FC di babak pertama.

Tertinggal, membuat PS TNI tersengat dan coba mengejar ketertinggalan. Namun berbagai serangan yang dibangun kubu tamu selalu bisa dipatahkan tuan rumah.

SFC justru memperlebar keunggulan pada menit 63 melalui tendangan penalti Alberto Goncalves. SFC unggul 4-0. Tiga gol di antaranya dicetak Goncalves.

PS TNI hanya mampu mencetak gol hiburan pada menit ke-72 melalui hadiah penalti yang berhasil dioptimalkan Erwin Ramdani yang memperkecil ketertinggalan menjadi 4-1.

Namun, di penghujung laga, SFC sukes mencetak dua gol tambahan. Alberto Goncalves (85′) dan Hilton Moreira (89′) menutup laga menjadi 6-1 untuk kemenangan tuan rumah. # zal