Pilkades Serentak, Plt Bupati OI Pukul Gong

16

download (3)
Plt Bupati OI Ilyas Panji memukul gong

Inderalaya, BP

Plt Bupati Ogan Ilir (OI) H Ilyas Panji Alam secara resmi me-launching pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Oktober mendatang, dengan ditandai pemukulan gong di Gedung Serbaguna Caram Seguguk, Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, siang ini.

Kegiatan launching dan bimbingan teknis ini diikuti oleh panitia pilkades dari 175 desa, guna mendapat petunjuk dalam pelaksanan pilkades, agar proses nanti berjalan dengan sesuai aturan yang berlaku. Ia mengharapkan pelaksanaan pilkades serentak pada tahun ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan.

“Pemilihan kades merupakan sarana pemersatu masyarakat dan bukan untuk terpecah belah. Sehingga melalui pelaksanaan pilkades serentak ini, dapat menghasilkan pemimpin yang suri tauladan yang dapat memajukan pembangunan desa di Kabupaten OI,” kata Plt Bupati OI Ilyas.

Dari total 241 desa, lanjut Ilyas, sebanyak 175 desa yang tersebar di-16 kecamatan dalam lingkungan Kabupaten OI dijadwalkan akan menyelenggarakan pelaksanaan pilkades serentak pada 12 Oktober mendatang.

Untuk itu, pemerintah setempat jauh-jauh hari sudah mulai mengganggarkan dana puluhan miliar untuk menyukseskan pelaksanaan pilkades di-175 desa, termasuk juga persiapan pembekalan terhadap panitia peserta dari unsur tenaga pemantau, perangkat desa serta camat.

“Kita melibatkan unsur vertikal dalam hal ini, pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OI yang diberikan mandat sepenuhnya dalam melakukan proses administrasi peserta Pilkades bebas narkoba,” ujar Ilyas

Selain itu Ilyas yakin semua peserta tidak ada yang berijazah palsu karena hal tersebut bertentangan dengan aturan. #hen