30% Visa JCH Belum Siap, Kloter Belum Dibagi

15

332748_650Palembang, BP
Sebanyak 30 persen visa dan paspor dari total 5.820 jemaah calon haji (JCH) asal provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung belum siap. Hal tersebut berakibat pada belum dibaginya kelompok terbang (kloter) karena harus menunggu pengurusan visa dan paspor selesai terlebih dahulu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI Provinsi Sumatera Selatan H Hambali menyatakan, pihaknya optimis hingga hari keberangkatan pada 10 Agustus mendatang pengurusan seluruh visa dan paspor tersebut selesai tepat waktu. Sisa 30 persen visa dan paspor yang belum selesai diurus tersebut setiap hari terus berkurang setiap harinya.

“Pada 27 Juli mendatang Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Sumsel akan dilantik. PPIH berjumlah 30 lebih ini yang akan menemani jemaah sebanyak 5.088 dari Sumsel dan 732 dari Babel selama pelaksanaan ibadah haji,” ujarnya, Senin (25/7).

Pada 9 Agustus mendatang, para JCH kloter pertama akan mulai menginap di Asrama Haji Palembang. Satu hari kemudian, kloter pertama mulai berangkat menggunakan Boeing 747 Saudi Arabian Airlines.

“Setiap kloter berjumlah 450 jemaah yang akan ditemani oleh lima orang panitia. Penentuan kloternya sendiri dan dari jemaah mana belum ditentukan. Tapi dalam waktu dekat, setelah pengurusan visa dan paspornya selesai, kloter pun akan segera ditentukan dan diumumkan kepada seluruh kabupaten/kota agar tahu kapan waktu keberangkatannya,” tuturnya. #idz