Lawan Persela, SFC Bakal Menang Mudah?

10

2007.01.sfc.poto (1)Palembang, BP

Sriwijaya FC akan menjamu Persela Lamongan pada lanjutan kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Kamis (21/7) sore.

Ini menjadi duel tim beda kasta. SFC menghuni peringkat ketiga di klasemen sementara dengan 18 poin. Adapun Persela merupakan tim juru kunci dengan baru mengemas enam poin dari 10 pertandingan yang sudah dilakoninya.

Supardi dan kawan-kawan diprediksi akan menang mudah atas tim berjuluk Laskar Joko Tingkir. Itu bila berkaca dari klasemen, materi pemain, dan lima pertandingan terakhir kedua tim.

Di lima laga teranyar, SFC mengoleksi tiga kemenangan dan dua kekalahan. Sedangkan Persela menelan tiga kekalahan dan dua menang.

Namun catatan ini tak berarti bagi pelatih SFC Widodo Cahyono Putro. Dalam dunia sepakbola, apapun bisa terjadi. Anak asuhnya tak boleh menganggap remeh Herman Dzumafo dan kawan-kawan.

Baca:  Hadapi Perseru, Sriwijaya FC Dibayangi Kelelahan

Persela yang dilatih Sutan Harhara tentu ingin bangkit dan mencuri poin dari Laskar Wong Kito. Oleh sebab itulah, punggawa SFC harus ekstra waspada.

“Kita tidak meremehkan Persela. Mereka tim kuat. Permainan mereka sangat solid. Tidak bisa dianggap remeh,” tegas Widodo, Selasa (19/7).

Sang pemuncak klasemen sementara Arema Cronus saja mampu dibuat repot Herman Dzumafo dan kawan-kawan, Senin malam (18/7). Pemain SFC pun menyaksikan hal itu, jadi anak asuhnya sadar betul bila lawannya kali ini cukup berat.

“Pemain SFC harus dapat mengatur irama permainan melawan Persela nanti,” ujarnya.

Bila irama permainan dibawa kendali anak asuhnya, pelatih berusia 45 tahun ini cukup percaya diri target tiga poin yang diusung tim akan tercapai.

Baca:  SFC Tekuk Persela 2-0

Kendati memegang kendali permainan, Supardi dan kawan-kawan juga harus waspada pada serangan balik tim tamu. Satu kesalahan kecil akan dapat mengubah situasi di lapangan hijau. Bila kesalahan berbuntut pada gol, maka mental tim tamu akan berlipat ganda dan itu sangat merugikan SFC.

“Jangan ada kesalahan, kita juga sudah melakukan evaluasi pasca kalah melawan Semen Padang, kita yakin performa pemain akan lebih baik,” tegasnya.

Motivasi yang sama dirasa kubu tim tamu. Punggawa Persela Lamongan cukup percaya diri dapat merusak pesta tim tuan rumah.

“Kita bawa 18 pemain, mereka punya tekad dan semangat yang sama mencuri poin,” ucap Asisten Pelatih Persela Lamongan Ragil Sudirman.

Dikatakan, jajaran pelatih sudah melakukan evaluasi usai kekalahan 0-2 dari Arema Cronus, di Stadion Surajaya, Senin malam (18/7). Laskar Joko Tingkir dinilai bermasalah dalam penyelesaian akhir. Secara permainan, anak asuhnya tak kalah dengan tim Singo Edan. Pemain di lini belakang dan tengah sudah bermain sesuai harapan. Itu artinya, pelatih hanya punya satu pekerjaan rumah, yakni memperbaiki lini depan.

Baca:  Panggil Lagi Skuad Juara 2011/2012

“Kita sudah lakukan evaluasi, penyelesaian akhir mudah-mudahan lebih baik saat lawan SFC,” ucapnya.

Saat disinggung mental anak asuhnya karena berada di juru kunci, Ragil menegaskan bila suntikan semangat telah diberikan pelatih. Dia sangat yakin bila melawan SFC nanti tidak menjadi beban bagi pemain Persela. “Kalau mental tidak masalah, tapi kalau capek itu pasti. Pastinya kami akan berjuang keras menghadapi SFC,” tegasnya. # zal