Konsultan Jerman Desain Sirkuit MotoGP Jakabaring

22

Bakal Termurah di Dunia

Sirkuit-Jakabaring-PalembangPalembang, BP

Ikatan Motor Indonesia (IMI) berencana mendatangkan konsultan pembangunan sirkuit berpengalaman dari Jerman, Hermann Tilke, untuk menyesuaikan desain Sirkuit MotoGP Jakabaring, Palembang menjadi berstandar FIM Homologation.

Ketua Harian IMI Sumsel Augie Bunyamin mengatakan, dirinya bersama Ketua Umum IMI Sadikin Aksa menemui Gubernur Sumsel H Alex Noerdin untuk membicarakan perubahan desain sirkuit tersebut.

“Ketua Umum IMI tadi melaporkan perkembangan terakhir terkait rencana pembangunan Sirkuit MotoGP Palembang. Yang dibicarakan tadi konten desain sirkuit, serta kapan rencana konsultan dari Jerman itu datang ke Palembang. Maksimal dalam waktu dua minggu ke depan Hermann akan datang,” tuturnya di Griya Agung, Selasa (19/7).

Selain itu, Dorna Sport pun memiliki rencana bahwa sirkuit yang akan dibangun di Palembang akan menjadi sirkuit termurah. Namun Augie tidak menjelaskan lebih lanjut apakah termurah dari sisi dana pembangunannya atau harga tiket yang harus dibayarkan para penonton.

Menurut dia, Hermann Tilke datang untuk melakukan survei lokasi yang telah ditetapkan, yakni di dekat ski air JSC seluas 120 hektar. Lalu Tilke akan mendesain gambar sirkuit yang memakan waktu kurang dari satu bulan. Setelah selesai digambar, desain diberikan kepada gubernur untuk segera merencanakan pembangunan dengan pihak investor.

Baca:  Pembangunan Sirkuit MotoGP Jadi Rebutan Banyak Daerah

Augie menuturkan, sudah ada dua calon investor yang akan membangun sirkuit tersebut dan melakukan kerja sama dengan Pemprov Sumsel. Dirinya berujar, Gubernur minta secepatnya mulai dibangun karena lama pengerjaan sirkuit ini diperkirakan memakan waktu 16 bulan.

“Gubernur minta pengerjaan fisik secepatnya dilakukan. Tahun ini ditekankan harus sudah ada pembangunan fisik. Agar nanti pada 2017, Dorna melihat sudah ada progresnya dan bisa menjadwalkan Sumsel dapat di seri berapa untuk MotoGP 2018,” jelasnya.

Dorna dengan Pemprov Sumsel tengah membahas pengajuan persyaratan yang mesti dipenuhi agar pembangunan bisa segera dilakukan. Mulai dari sisi komersilnya hingga pembahasan klausul kerja sama ke depannya.

“Kira-kira persyaratannya apa yang kurang, jadi bisa langsung dilengkapi oleh pemprov. Tapi sejauh ini belum disebutkan ada kekurangan karena yang terpenting itu lahannya sudah bebas dan siap bangun,” ujarnya.

Baca:  Pembangunan Sirkuit MotoGP Jadi Rebutan Banyak Daerah

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menuturkan, calon investor tersebut memang sudah ada. Namun ia masih merahasiakan siapa calon investor yang akan mendanai pembangunan Sirkuit MotoGP Jakabaring, Palembang ini. Presiden RI Joko Widodo, dikatakannya, telah menyetujui rencana ini.

“Untuk total investasinya sendiri belum tahu pasti. Nanti setelah konsultan tersebut selesai mendesain, baru tahu berapa dana yang dibutuhkan. Diperkirakan tidak lebih dari Rp500 miliar,” tutur Alex.

Alex menjelaskan, Herman Tilke merupakan desainer sirkuit berpengalaman yang sudah dipercaya oleh Dorna Sport. Tilke telah merancang 18 dari 21 sirkuit MotoGP serta 16 dari 19 sirkuit Formula 1 yang ada di seluruh dunia.

Investor yang ditunjuk pun bukan sembarangan, melainkan yang memang sudah bergelut di bidang ini sejak lama. Terlebih pembangunan jalan dan struktur bangunan sirkuit berbeda dengan aspal yang lebih tebal dan segala komponen sirkuit lainnya.

Baca:  Pembangunan Sirkuit MotoGP Jadi Rebutan Banyak Daerah

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumsel Basyaruddin Akhmad mengatakan, selain masterplan pihaknya juga sudah menyiapkan desain, serta semua persyaratan untuk pembangunan sirkuit di Jakabaring.

“Apa saja infrastruktur yang mendukungnya, seperti akses transportasi menuju ke Jakabaring juga sudah siap. Di antaranya light rail transit (LRT) dan lainnya juga sudah dimulai pembangunannya,” katanya.

Pihaknya juga menyiapkan masterplan dari sisi sektor perhotelan, akses bandara, serta jadwal terbang ke Palembang, hingga infrastruktur pendukung, seperti Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI.

Diakuinya, segala bentuk persiapan mulai dari rancangan desain sirkuit hingga kesiapan lahan terus dilakukan. Lokasi sirkuit Moto GP itu berada di pinggiran danau ski air kompleks Jakabaring Sport City (JSC) seluas 120 hektar.

“Lahan ini merupakan aset milik pemprov. Tidak perlu lagi ada pembebasan lahan sehingga pengerjaan sirkuit bisa dilakukan setelah persiapan selesai,” ujarnya. #adv