Gubernur Larang PNS Berburu Pokemon

9

Pokemon Go1Palembang, BP

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin melarang siapa pun masyarakat, khususnya pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk bermain Pokemon Go di Kantor Gubernur Sumsel, Jalan Kapten A Rivai.

Alex menuturkan, secara pribadi ia tidak melarang siapa pun untuk memainkan permainan apapun, termasuk Pokemon Go yang sedang digandrungi anak-anak hingga orang dewasa. Namun ia melarang keras jika ada pegawai Pemprov, baik Pegawai Negeri Sipil maupun tenaga honor dan outsourching memainkannya di dalam Kantor Gubernur Sumsel, serta pada saat jam kerja. “Silakan kalau mau main Pokemon Go. Tapi tidak saat jam kerja dan tidak juga dilakukan di kantor pemerintahan,” tegasnya.

Ia menerangkan, permainan Pokemon Go itu dapat menurunkan kinerja PNS itu sendiri. Sebab, jika dilakukan jam kerja, maka fokus pekerjaan PNS akan menurun dan lebih mementingkan berburu Pokemon tersebut. Alex menilai, permainan tersebut adalah hal yang sia-sia, dan menyita waktu dan tidak produktif.

“Jangan mau dibodohi oleh permainan seperti itu. Utamakan apa yang harus dilakukan dalam hidup. Pekerjaan bisa terbengkalai, waktu untuk keluarga juga berkurang, dan parahnya lagi bisa sebabkan kecelakaan dan mengancam keselamatan,” tambahnya.

Ia setuju kalau pemerintah pusat akan memblokir agar permainan ini tidak bisa dimainkan di Indonesia, setelah pengkajian terlebih dahulu, karena lebih banyak efek negatifnya. Atau minimal, permainan berbasis augmented reality tersebut ditiadakan di areal perkantoran pemerintahan.

Baca:  Sumsel Bershalawat, Griya Agung Dipadati Puluhan Ribu Jemaah

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel Riki Djunaidi mengatakan, semua anggota Satpol PP di Sumsel sudah diinformasikan untuk menjaga ketat kantor pemerintahan. Ia menilai, selain mengamankan aset-aset negara, Satpol PP juga bertugas menjaga Kantor Pemerintahan agar tetap kondusif.

“Kita tidak ingin orang-orang yang mengejar Pokemon Go itu mengganggu dan berkeliaran di kantor pemerintahan. Karenanya semua personel Satpol PP Sumsel sudah diperingatkan untuk tetap mengawasi jika ada masyarakat ataupun PNS yang bermain Pokemon Go di kantor Gubernur Sumsel. Jika ada, maka akan langsung diusir,” ujarnya.

Menteri PAN-RB Larang

Larangan Gubernur Sumsel sejalan dengan kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi yang melarang seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) main game Pokemon Go.

Tujuan dari pelarangan ini, menurut Yuddy, adalah untuk menjaga kinerja para PNS. Saat ini pemerintahan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla (JK) menuntut para PNS untuk melakukan reformasi birokrasi.

“Tolong‎ buatkan surat kepada seluruh pimpinan instansi untuk melarang ASN main game Pokemon Go atau sejenisnya. Tolong secepatnya‎,” ucap Yuddy kepada pejabat Kementerian PAN-RB di Jakarta, Selasa.

Yuddy tak mau PNS kegandrungan permainan ini. Sekalian juga untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan PNS sendiri. Alasannya, permainan ini menggunakan global positioning system (GPS) dan kamera saat memainkannya.

Seperti diketahui, masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan permainan Pokemon Go yang berasal dari Jepang. Permainan ini dimainkan menggunakan telepon seluler.

Baca:  Gubernur Alex Noerdin dan Kapolri Musnahkan Senpira

Seiring maraknya permainan tersebut, beredar pesan berantai yang menyebut bahwa permainan itu dibuat untuk mengumpulkan informasi berupa lokasi melalui gambar atau video yang menjadi latar belakang di dalam permainan itu. Bahkan, disebut-sebut permainan itu sebagai bagian dari proyek intelijen asing.

Terkait hal itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso, mengaku tidak melarang masyarakat untuk memainkan permainan tersebut. “Silakan saja yang menyukai game ini untuk bermain, dengan tetap memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain,” ujar Sutiyoso.

Meski demikian, ia meminta agar game tersebut tidak dimainkan di lokasi yang bersifat rahasia dan lokasi strategis pemerintah. “Namun karena dalam game tersebut terdapat penggunaan kamera secara real time, maka muncul risiko keamanan jika dimainkan di kantor dan instalasi strategis,” kata dia.

Karena itu, dia mengaku akan mengkaji permainan tersebut. Apakah aman untuk dimainkan atau tidak. Khususnya dalam menjaga keamanan informasi ataupun situasi tempat di Indonesia.

Dongkrak Penjualan Smartphone

Munculnya games baru Pokemon Go, turut mendongkrak potensi penjualan ponsel pintar jenis android.

Store Manager MDP IT Superstore Palembang Enny mengatakan, boomingnya Pokemon Go menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna ponsel cerdas. Bagi yang tertarik memainkan games ini, diperkirakan ada upaya untuk menaikan spesifikasi smartpone yang dimiliki.

“Tidak menutup kemungkinan, ini bisa saja mendongkrak penjualan ponsel cerdas terutama andorid. Bagi yang memiliki ponsel yang spesifikasinya masih di bawah standar games ini, bisa saja beralih dan menggunakan ponsel yang spesifikasinya lebih tinggi,” kata Enny, Selasa.

Baca:  Alex Diberi Gelar Pangeran Natadiraja Utama

Dia mengatakan, penjualan ponsel cerdas seperti Samsung, Asus, Lenovo saat ini masih cukup kuat bersaing. Terutama ponsel pintar yang sudah disematkan tekonologi 4G. Harganya yang tidak terlalu tinggi, membuat kalangan remaja bahkan kantung mahasiswa pun masih bisa mendapatkan produk ini.

“Per hari itu jika saat ramai penjualan, bisa sampai 50 unit smartphone yang terjual. Dengan adanya game-games baru, tentunya akan mendongkrak penjualan smarphone,” katanya.

Terkait produk dan spesifikasi, salah satu staf MDP IT Superstor Yudis mengatakan. seperti Lenovo A6000, produk dengan harga Rp1,8 jutaan ini memiliki spesifikasi RAM yang memadai yakni 2Gb. Ponsel dengan harga pas dikantong ini memiliki kinerja performa lebih powerfull.

“Cocok jika ingin nyaman memainkan games Pokemon Go, secara spesifikasi tidak terlalu rendah, juga tidak terlalu tinggi. Untuk dikantong mahasiswa pun masih cukup terjangkau,” katanya.

Terkait jenis ponsel pintar yang sering diburu pencinta games, Yudis mengatakan, Samsung diperkirakan menjadi yang terdepan untuk kategori penjualan android. “Untuk Samsung, setiap hari pasti ada yang beli. Produk ini juga menghadirkan banyak tipe dengan harga yang cukup terjangkau, yang cukup digemari remaja masih di tipe galaxy G3,” katanya.#adv