Izin Asuransi Jiwa Bumi Asih Dicabut

16

20131024-231545_54Palembang, BP

PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya telah dicabut izinnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dicabutnya izin usaha tersebut karena kondisi asuransi itu sudah dinyatakan pailit. Dicabut izin ini karena banyaknya kreditor dan pemegang polis PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya mempertanyakan penyelesaian kewajiban perusahaan.

 

Kepala Kantor Perwakilan OJK Regional 7 Sumbagsel Lukdir Gultom mengatakan OJK menegaskan tidak melakukan proses penyelesaian kewajiban dari perusahaan ini pasca keluarnya Keputusan Mahkamah Agung Nomor 408 K/Pdt.Sus-Palilit/2015.

 

“Perusahaan ini sudah palit, OJK yang sejak awal menangani permasalahan itu, kini lepas tangan karena telah diserahkan kepada tim kurator. Untuk proses penyelesaian kewajiban perusahaan ini menjadi kewenangan dan tanggung jawab kurator,” katanya.

 

Menurutnya, PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya telah dilarang untuk melakukan berbagai kegiatan usaha, diwajibkan turunkan papan nama perusahaan, dan diwajibkan menyelesaikan kewajiban kepada kreditur, pemegang polis dan pihak lain.

 

“Pemegang polis bisa ajukan tagihan klaim di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta pada 19 Juli 2016 pukul 10.00. Karena lokasinya cukup jauh, maka pemegang polis di Sumbagsel, bisa mengajukan tagihan klaim di Pengadilan Negeri Palembang pada 20-22 Juli 2016,” beber dia.

 

Lukdir menuturkan, secara nasional ada sebanyak 925.018 pemegang polis yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. Namun secara rincian, memang tidak bisa dibeberkan. Jadi sekarang sistemnya, kurator harus jemput bola.

 

“Kondisi lapangan lebih diutamakan, tidak semua pemegang polis mengetahui ini. Jadi imbauan kami, agar pemegang polis mendatangi lokasi yang ditentukan untuk mengajukan tagihan klaim,” terang Lukdir.

 

Untuk besaran tagihan klaim itu, kata dia, ditentukan oleh kurator. Sebelum ajukan tagihan klaim, Lukdir menuturkan, para pemegang polis atau kreditor dapat membawa bukti kependudukan, polis asuransi atau dokumen pengganti polis, surat kuasa jika yang bersangkutan meninggal dunia, dan dokumen pendukung lainnya.

 

Berdasar data pengawasan, ada 12 kantor PT Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya yang berada di wilayah Sumbagsel dan Bangka Belitung. Yakni kantor cabang di Palembang, enam kantor pemasaran masing-masing berlokasi di Palembang, Baturaja, Pangkal Pinang, Bengkulu, Jambi. Juga ada empat kantor sektor di Tanjung Karang, Sungai Liat, Arga Makmur, dan Muara Bulian, serta ada kantor pos pelayanan di Prabumulih. #ren