Harnojoyo Tanam Padi Lebak

10

 

thumb_452796_04170015072016_Tanam_Padi_LebakPalembang, BP

Setelah berhasil melakukan panen pada termin kedua di tahun 2016, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Kota Palembang, kembali melakukan tanam padi lebak di kawasan Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus, Palembang.

Dengan luas lahan 1.200 hektar di Pulokerto, Pemko Palembang kembali mendukung Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Walikota Palembang Harnojoyo berharap, periode kedua masa tanam di bulan April- September dapat kembali memberikan hasil produktivitas panen padi lebak.

“Meski berstatus kota Metropolis, Pemko Palembang optimis bisa menjadi kota penghasil beras dan memajukan petani agar tetap semangat dalam menggarap lahan sawah yang dimiliki,” katanya Jumat (15/7).

Baca:  Demo Tolak Dua Nama Usulan Harno

Sementara itu, Kepala DP2K Harrey Hadi, MS menyampaikan, sisa lahan yang baru dilakukan penanaman padi di lahan 30 Hektar ini menggunakan sistem tanam jajar legowo, yaitu dengan sistem mengatur jarak antara benih pada saat penanaman dengan membuat lorong yang luas serta memanjang seperti barisan tanaman.

“Salah satu keuntungannya yaitu, membuat sirkulasi udara lebih lancer dan optimal, sehingga mengurangi resiko penyakit akibat jamur dan bakteri. Selain itu juga mengendalikan hama tikus serta meningkatkan produktivitas pertanian tentunya,” jelasnya.

Baca:  KPU Kota Palembang Tetapkan Paslon Harno - Fitri Sebagai Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Sedangkan, untuk mendukung pencapaian target produktivitas, Dinas Pertanian melalui alokasi khusus melaksanakan pembangunan fisik berupa yaitu, membuat Dam Parit sebanyak 10 unit yang tersebar di tiga kecamatan, Gandus, Kertapati, dan Plaju.

Selain memberikan melakukan penyuluhan, ada beberapa bantuan yang diberikan Pemkot Palemban, untuk mensuport musim tanam padi pada semester kedua ini, seperti membuatkan sumur Bor Arthesis sebanyak sembilan unit yang tersebar di dua kecamatan, Gandus dan Kertapati.

Baca:  Harnojoyo Bidik Rekor Gotong Royong Massa Terbanyak

“Pemko palembang terus memberikan suport terhadap petani padi di Palembang. Bahkan untuk memberikan akses yang muda bagi para petani, kami juga melakukan pembangunan jalan usaha tani sepanjang 5 KM yang terdapat di Kecamatan Kertapati. Sesuai dengan harapan Walikota kita, agar petani di kota Palembang ini lebih produktivitas dalam menghasilkan padi dengan tiga kali tanam,” katanya.#osk