SFC Yakin Menang di Padang

17

07 15 -- Semen Padang vs Sriwijaya FCPalembang, BP

Kompetisi Torabika Soccer Championship 2016 pekan kesepuluh menyajikan duel derby Andalas antara Semen Padang dan Sriwijaya FC di Stadion H Agus Salim, Jumat (15/7). Laskar Wong Kito yakin bisa membawa pulang tiga poin dari laga ini.

SFC saat ini bercokol di urutan kedua klasemen sementara, di bawah Arema Cronus yang menjadi pemuncak. Sedangkan Semen Padang berada di urutan ke delapan.

Tuan rumah Semen Padang bakal menyiapkan strategi khusus untuk bisa menghentikan Alberto Goncalves dan Hilton Moreira, yang dikenal memiliki kecepatan, akselerasi, dan naluri mencetak gol.

“Semen Padang itu tim kuat. Mereka tampil di depan pendukungnya dan belum pernah kalah. Tapi kita pun sudah sangat siap,” tegas Pelatih SFC Widodo C Putro, Kamis (14/7).

Baca:  Panpel Telah Kantungi Izin Polisi

Jajaran pelatih sudah mempelajari rekaman pertandingan kandang Semen Padang. Pelatih mengupas secara detail kekuatan tim tuan rumah.

Berangkat dari itulah, taktik dan strategi telah ditetapkan. Pemain mendapatkan instruksi khusus untuk meredam seluruh pemain Semen Padang.

Widodo mengaku tidak silau dengan rekor Semen Padang yang mencetak sembilan gol di kandang selama turnamen berlangsung. Justru ini akan menjadi ujian bagi anak asuhnya dan motivasi untuk merusak kebanggaan tim tuan rumah.

”Kami sudah mempelajari gaya permainan Semen Padang saat bertemu Arema Cronus pada 1 Juli lalu di Stadion Kanjuruhan, Malang. Ada titik lemah yang bisa dimanfaatkan. Itu yang akan kita maksimalkan,” katanya.

Di lini pertahanan, Mauricio dan kawan-kawan harus bermain disiplin dan fokus. Jangan sampai pemain Semen Padang, seperti Silva, Nur Iskandar, Vendri Mofu, Paulo Diego Messias menerobos kotak penalti SFC.

Baca:  Airlangga Selamatkan Sriwijaya FC

Pemain berposisi wing bek harus bekerja keras, karena kedua sayap Semen Padang ini punya kecepatan. Umpan yang sering dilepaskan Nur Iskandar sangat berbahaya. Belum lagi Mofu yang bergerak di belakang Silva, punya kemampuan dalam menusuk jantung pertahanan.

“Kita harus hentikan seluruh pemain yang mendekati pertahanan,” tegasnya.

Pelatih Semen Padang Nil Maizar memperkirakan SFC akan kembali memainkan bola-bola panjang langsung ke jantung pertahanan lawan. Strategi seperti ini piawai mereka terapkan lantaran memiliki striker-striker asing mumpuni.

“Dengan permainan direct to attack yang mereka terapkan, kemampuan para pemain asing SFC, seperti Hilton, Alberto Goncalves, dan Yu (Hyun Koo) memiliki peran penting. Kami sudah tahu bagaimana kualitas pemain-pemain tersebut,” ujarnya.

Baca:  Pujian Untuk Musafri

Meski kualitas para pemain asing yang dimiliki SFC diakui Nil Maizar cukup mumpuni, ia tetap tidak akan melakukan penjagaan khusus. Pasalnya, pemain-pemain lokal yang dimiliki Widodo dalam timnya juga memiliki kualitas yang tidak kalah mentereng.

“Mereka punya Firman Utina, Supardi, dan pemain lokal lainnya. Jadi, kami akan tetap bermain normal dan tidak hanya fokus pada satu pemain saja,” lanjut mantan pelatih Timnas pada Piala AFF 2012 itu.

Nil mengaku sudah menyiapkan strategi untuk meredam serangan tim asal Palembang, Sumatera Selatan, itu. Namun, ia enggan membocorkan. “Kita lihat saja di lapangan nanti,” tukasnya. # zal