SFC Menanti Sentuhan Magis Widodo

12

widodo-c-putro-melatih_20160414_082247
Widodo C Putro

Palembang, BP

Pelatih Kepala Sriwijaya FC Widodo Cahyono Putro selalu memberikan kejutan dalam setiap pertandingan tim besutannya. Sentuhan magisnya kembali dinanti saat SFC bertamu ke markas Semen Padang di Stadion Agus Salim, Jumat (15/7) malam.

Sebelumnya, saat SFC menjamu Persipura di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Minggu (3/7) malam, pelatih asal Cilacap ini memasukkan Rizsky Dwi Ramadhana dalam starting eleven. Hasilnya cukup positif. Serangan jauh lebih gencar dan berbahaya. SFC pun menang 1-0.

Sentuhan magisnya pun terlihat ketika SFC menjamu PSM Makassar, Sabtu (18/6). Saat skor masih 0-0 hingga mendekati injury time, bukannya memasukkan pemain yang bertipikal lebih menyerang, ia malah memainkan Mauricio Leal yang notabene seorang senterbek.

Baca:  Sriwijaya FC Tantang Borneo FC di Semifinal

Keputusan ini tentulah mengundang tanya penonton. Tapi bukan Widodo namanya bila tanpa alasan yang logis. Keputusannya itu ternyata berbuah manis. SFC menang 1-0 dan Maurucio menjadi kreator golnya.

“Persiapan terus kita matangkan untuk menghadapi Semen Padang. Dimulai latihan fisik, kemudian masuk taktik dan strategi,” kata Widodo, Senin (11/7).

Hari kedua latihan usai libur Lebaran, beberapa pemain sudah kembali bergabung, yakni Hilton Moreira, Alberto Gonzalves, Yogi Triana, Firman Utina, Hapit Ibrahim, Mauricio Leal, dan M Ridwan.

Baca:  Yu Hyun Koo Ingin Antarkan SFC Juara

Jajaran pelatih sudah masuk tahap meramu taktik dan strategi jelang melawan tim Kabau Sirah. Supardi dan kawan-kawan punya waktu dua hari untuk melakukan persiapan.

Untuk target, SFC tentu tak ingin kehilangan poin di Padang. Itu karena persaingan di papan atas semakin ketat. Sedikit saja terpeleset, jarak antara SFC dan tim pesaing seperti Arema Cronus, Persipura, Madura United akan melebar. Punggawa Laskar Wong Kito dituntut tampil konsisten di setiap pertandingan.

Ia meyakini duel derby Andalas ini bakal tak mudah. Kubu Semen Padang selaku tuan rumah tentu tak ingin dipermalukan di depan publik sendiri.

Baca:  4 Pemain SFC Terancam Menepi

Tapi anak asuhnya punya mental juara, hal itu sudah dibuktikan saat melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jumar (24/6) lalu.

Meski mendapatkan tekanan dari Ismed Sofian dan kawan-kawan, ditambah ribuan Jakmania, SFC tak sedikit pun gentar. Bahkan Supardi dan kawan-kawan bisa mencuri tiga poin.

Meski demikian, Widodo menekankan pada anak asuhnya untuk tidak jemawa. SFC harus tetap waspada, karena Semen Padang yang saat ini berada di posisi kedepalan klasemen sementara, tentu ingin menembus papan atas. # zal