60% UKM Sumsel Belum Digital Marketing

12

ukm-61Palembang, BP

Kemajuan industri digital saat ini sudah kian maju pesat, namun usaha kecil menengah di Sumatera Selatan masih belum melakukan promosi produk secara digital marketing.

 

Saat ini untuk memasarkan sebuah produk tidak mesti memiliki sebuah gerai atau toko. Anda cukup memiliki sebuah smartphone yang didukung dengan jaringan provider andal.

Baca:  Puluhan UKM Ikuti Bazar Kreatif

 

Ketua Forum Tenaga Pendamping UMKM Sumsel Salama Sri Susanti mengatakan, 60 persen pelaku UKM masih memasarkan produk secara konvensional.

 

“Saat ini tercatat baru 40 persen saja pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumsel yang memanfaatkan digital marketing, 60 persen masih dengan cara konvensional,” katanya.

 

Dia menjelaskan, saat ini yang tercatat ada sekitar 500 ribu UKM. Guna meningkatkan produktivitas pelaku UKM dalam memasarkan produk  pihaknya saat ini tengah memberikan pelatihan pada UKM di Sumsel.

Baca:  Jemput Bola Pinjaman UKM

 

Materi pelatihan yang kita berikan diantaranya, tentang IT, manajerial, dan teknik pemasaran produk. Untuk pelatihan IT difasilitasi oleh Universitas Tridinanti Palembang.

 

“Jadi di sana, para pelaku UKM diberikan seperti pelatihan bagaimana membuat email, membuat blog, dan lain sebagainya,” tuturnya.

 

Upaya ini dikatakan, produk-produk yang dihasilkan mereka dapat dipasarkan secara lebih luas. Kondisi ini dapat memberi dampak positif bagi perkembangan bisnisnya. #ren