Home / Sumsel / Banyuasin / PDAM Mati Berbulan-bulan, Pelanggan Wajib Bayar

PDAM Mati Berbulan-bulan, Pelanggan Wajib Bayar

air mampetBanyuasin, BP
Pelebaran Jalan Lintas Timur di kawasan Talang Kelapa, Banyuasin membuat utiliti pipa PDAM dibongkar. Akibatnya aliran air bersih ke rumah warga stop total. Ironinya, pelanggan tetap diwajibkan membayar uang tunggu PDAM tiap bulan.
Hal ini dibenarkan oleh Kepala PDAM Tirta Betuah Cabang Talang Kelapa Sri Hartini. Menurutnya, hal itu  dilakukan sebagai antisipasi dari pemutusan rekening, kalau tidak ada transaksi seperti itu. “Aturannya sudah seperti itu, kalau tidak bayar biaya tunggu terpaksa dicabut,” katanya.
Dia melanjutkan, bukan hanya pelanggan yang dirugikan akibat pembongkaran pipa induk PDAM oleh pengerjaan pelebaran jalan, PDAM juga mengalami kerugian yang sangat besar. “Bisa mencapai ratusan juta lebih kerugian, namun kita hendak menuntut ke mana masalah kerugian sebesar itu. Bahkan saya mendapatkan somasi terkait hal ini, seharusnya mereka itu melihat kondisi lapangan apa yang sebenarnya terjadi,” jelasnya.
Tidak ada instansi yang berani menanggung permasalahan sebesar itu, bahkan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Sumatera Selatan terkesan lepas tangan.”Lihat saja, pipa-pipa kita dibiarkan begitu saja. Tidak diletakan di tempat semula,” ungkapnya.
Seharusnya Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Sumatera Selatan mengembalikan pipa tersebut di tempat yang semula. “Jadi bisa bertahap diperbaiki,” tuturnya.
Ketika ditanya berapa lama penyetopan aliran air bersih untuk warga, Sri tidak dapat memastikan. “Belum tahu, bisa beberapa bulan kemudian bisa normal kembali. Oleh karena itu, kepada pelanggan PDAM Tirta Betuah khususnya di wilayah Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Tanah Mas, Kelurahan Sukomoro dan Desa Pangkalan Benteng kami meminta maaf atas hal ini,” imbuhnya.
Seperti diketahui, Seperti diketahui, pecahnya pipa saluran PDAM Betuah di wilayah Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin diduga akibat pengerukan alat berat yang bekerja melebarkan Jalan Lintas Timur (Jalintim), Palembang – Betung. Menyebabkan, saluran air PDAM Tirta Betuah Banyuasin selama dua bulan terakhir ini setop total, dan berimbas pada ribuan pelanggan PDAM. #mew
x

Jangan Lewatkan

Still Running Individually, SMB IV Hopes In the future, the Province and the City of Palembang Can Work Together

# Related to Heritage Objects in Palembang Palembang, BP Sultan of Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM ...