Ultimate magazine theme for WordPress.

7.200 Petugas Pelatihan Sensus Ekonomi

Bp/Reno MENINJAU-Kepala BPS Sumsel Yos Rusdiansyah meninjau langsung pelatihan petugas sensus ekonomi 2015 di Asrama Haji Palembang, Rabu (30/3).
Bp/Reno
MENINJAU-Kepala BPS Sumsel Yos Rusdiansyah meninjau langsung pelatihan petugas sensus ekonomi 2015 di Asrama Haji Palembang, Rabu (30/3).

Palembang, BP

Badan Pusat Statistik (BPS) siap menggelar Sensus Ekonomi (SE) pada 1 Mei 2016. Lembaga ini akan mengumpulkan data dari puluhan juta pebisnis seluruh Indonesia. Di Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri sebanyak 7.200 petugas siap melakukan tugas sepuluh tahun sekali ini.

Kepala BPS Sumsel Yos Rusdiansyah mengatakan, ada sekitar 500 ribu usaha mikro, makro, kecil, dan menengah akan dilakukan survei. Pengusaha maupun pihak yang terlibat di dalamnya diimbau untuk tidak perlu khawatir dengan kedatangan petugas.

Baca Juga:  Ditjen Pajak Lelang Hasil Sitaan Pengemplang Pajak

“Petugas saat ini sudah dilakukan pelatihan, diperkirakan akhir April ini petugas siap turun ke lapangan. Hanya saja kami masih mengkhawatirkan rencana pemotongan anggaran,” kata Yos dijumpai saat melakukan pengecekan pemusatan pelatihan di Asrama Haji Palembang, Rabu (30/3).

Dia mengatakan, anggaran daerah dalam pelaksanaan, bergantung pada anggaran nasional. Jika ada yang dipotong secara merata, artinya di setiap daerah pasti berdampak pengurangan. Apalagi, pelaksanaan survei melibatkan outsourcing sebagai mitra rekrutmen.

Baca Juga:  UNIQLO Hadir di Palembang Dengan Konsep Lifewear

“Jika rencana tersebut terjadi secara merata di seluruh daerah, dikhawatirkan akan mengganggu komitmen yang sudah terjalin antar petugas. Apalagi, petugas yang melakukan survei ini terikat kontrak, dikhawatirkan berimbas pada kualitas data itu sendiri,” katanya.

Yos berharap, jika pun terjadi pemotongan anggaran, itu tidak terjadi pada biaya pelaksanaan di lapangan. “Harapan kami, dana untuk petugas di lapangan tidak dikurangi, sehingga nantinya data yang diperoleh sesuai dengan target dan tujuan awal dalam pelaksanaan sensus,” jelas dia.#ren

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...