Home / Headline / DiCaprio Sambangi Sumsel

DiCaprio Sambangi Sumsel

054166100_1449412676-Leonardo_diCaprio

Leonardo DiCaprio bersama Alex Noerdin

#Saksikan Migrasi Burung Siberia

Palembang, BP
Peraih Aktor Terbaik Academy Award 2016 Leonardo DiCaprio memastikan kedatangannya ke Sumatera Selatan pada Oktober mendatang.

Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani menuturkan, selepas bertemu dengan Gubernur H Alex Noerdin di London, Inggris, 4 Desember 2015, DiCaprio memang sudah menjanjikan akan mendatangi Sumsel setelah mendengar perihal kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Tanah Sriwijaya ini.

“Kami sudah kirim surat melalui email. Leonardo janji dia akan sambangi Palembang pada Oktober nanti,” ucapnya.

Najib mengatakan, rencana kedatangan Di Caprio ke Palembang karena Leonardo ingin memantau dan melihat langsung pergerakan burung-burung migran dari Siberia di belahan Bumi Utara yang melewati Taman Nasional Sembilang.

Taman Nasional Sembilang merupakan jalur terbang burung-burung tersebut yang tujuannya ke arah selatan Australia. “Leonardo ingin melihat kebiasaan burung itu yang setiap tahun selalu mampir ke TN Sembilang,” jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, target utama kedatangan Leonardo ke Palembang hanya untuk melihat burung tersebut. “Kalau ke Leuser kan ada misi lain, Leonardo dari Singapura langsung ke Aceh dan dia langsung kembali ke negaranya,” kata Najib.

Leonardo juga secara intensif terus berkomunikasi dengan Gubernur Sumsel melalui media sosial twitter. “Mereka berdua aktif komunikasi di dunia medsos. Ini sebagai upaya menjaga silaturahmi Gubernur dengan tokoh ternama dunia itu,” tukasnya.

Sebelumnya, upaya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyuarakan permasalahan lingkungan terutama kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) disambut positif oleh masyarakat dunia.

Alex berhasil mendapatkan simpati dari Leonardo DiCaprio. Atas undangan Alex, DiCaprio yang merupakan Duta Perubahan Iklim PBB, berjanji akan mendatangi Sumsel untuk meninjau langsung rintisan lanskap dan upaya pencegahan karhutlah, tahun depan.

“Saya berdiskusi dengan Leonardo DiCaprio tentang lingkungan dan satwa langka. Dia punya yayasan yang aktif melindungi hal tersebut. Juga bertanya tentang haze (asap), sebab, dan usaha kita mengatasinya, serta rencana ke depan agar tidak terjadi lagi dan restorasi serta perbaikan kerusakan. DiCaprio juga berjanji akan berkunjung ke Sumsel tahun depan,” tulis Alex dalam akun Facebook pribadinya seraya melampirkan tiga foto dirinya bersama DiCaprio, Sabtu (5/12) malam.

Sehari setelah menandatangai MoU dengan IDH The Sustainable Trade Initiative, peraih Bintang Mahaputra Utama ini pun menandatangani MoU dengan Direktur Jenderal Country Programme Department For
International Development (DFID) Joy Hutcheon di London, Inggris, Jumat (4/12).

Selanjutnya, Alex tampil pada Forum Global Leader Summit Konferensi Tingkat Tinggi tentang Perubahan Iklim, CoP21, di Paris bersama Walikota Berlin Al Gore dan CEO Unilever Paul Polman.

Anak dari Pejuang Kemerdekaan Indonesia HM Noerdin Pandji ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari peserta yang hadir dari berbagai delegasi negara-negara peduli perubahan iklim. Alex secara gamblang dan berani mengemukakan kebakaran lahan di Sumsel dan menyampaikan solusi melalui kegiatan kemitraan pengelolaan lanskap.

Alex Noerdin merupakan satu-satunya tokoh dari Indonesia yang tampil pada forum tersebut. Setelah berbicara pada forum tersebut, Alex Noerdin secara khusus  diwawancarai oleh Leonardo di Caprio untuk menjelaskan tentang kebakaran lahan dan  rencana restorasi lanskap di Sumatera Selatan.

Pada Konferensi Perubahan Iklim Dunia CoP21 Paris, membuahkan hasil bahwa Sumsel dapat mewujudkan Kemitraan Pengelolaan Lanskap/Ekoregion yang terpadu dan berkelanjutan (Integrated Sustaibable Ecoregion Management Partnership).

Rencana aksi telah disiapkan untuk jangka waktu lima tahun, 2016–2020, yang disinergikan dengan rencana Pemprov Sumsel melalui kegiatan Desa Peduli Api untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan secara dini. #idz

x

Jangan Lewatkan

Comitte Haul KH Abdullah Zawawi  Idzhom Visit To SMB IV

Palembang, BP Sultan of Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn received a friendly ...