Home / Headline / Beni Hernedi Resmi Plt Bupati Muba

Beni Hernedi Resmi Plt Bupati Muba

gambar2bb15376874Palembang, BP
Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin telah menerima surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait Beni menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin, Selasa (29/3).

Sebanyak lima halaman berkas Salinan keputusan bernomor 131.16-3036 tahun 2016 tanggal 24 Maret 2016 bertuliskan tentang Pemberhentian Sementara Bupati Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, telah diterima Biro Otonomi Daerah Setda Sumsel.

Tertulis dalam SK, Mendagri menetapkan untuk memberhentikan sementara H Pahri Azhari ST dari jabatannya sebagai Bupati Muba masa jabatan 2012-2017, sampai proses hukum yang bersangkutan selesai dan mempunyai kekuatan hukum tetap.

Serta menunjuk Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, AMd untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Musi Banyuasi. Tertera surat tersebut ditetapkan di Jakarta, 24 Maret 2016 tertanda Mendagri Tjahjo Kumolo, ditandatangani Plt Sekretaris Ditjen Otda Anselmus Tan atas nama Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sumsel Drs Ikhwanuddin mengatakan, kini Beni Hernedi menjadi Plt Bupati Muba.

“Dalam SK juga dijelaskan, menunjuk Beni Hernedi, Wakil Bupati Muba masa jabatan tahun 2012-2017 untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Muba,” ujarnya.

Jika nanti sudah ada keputusan hukum tetap untuk kasus hukum yang dijalani Pahri Azhari, Ikhwan menuturkan, SK Beni sebagai Bupati definitif baru akan dikeluarkan.

“Jadi intinya, untuk dilantik sebagai Bupati definitif masih harus menunggu proses hukum Pahri sudah incraht. Baru ada SK kembali dari Mendagri kepada Gubernur Sumsel,”urainya.

Dirinya menjelaskan, menjadi Plt Bupati tidak diperlukan pelantikan. Pemprov hanya akan menyerahkan SK tersebut kepada Beni dan Beni akan langsung melaksanakan tugasnya sebagai Plt Bupati.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyerahkan surat penugasan Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi menjadi Plh Bupati, Kamis (24/12).

Hal tersebut dilakukan menyusul ditahannya Bupati Muba nonaktif Pahri Azhari oleh KPK atas dugaan kasus Suap RAPBD-P Muba tahun 2015 yang juga membelit sejumlah anggota DPRD Muba. Saat ini, proses peradilan masih dilakukan di Pengadilan Negeri Palembang.

Alex menjelaskan, dirinya memberikan surat penugasan dari gubernur untuk Beni agar bisa menjalankan roda pemerintahan. Pada saat itu, belum diperlukan SK Mendagri. “SK Mendagri nanti bila sudah incraht. Sekarang cukup dari gubernur,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, tugas, hak, kewajiban, dan wewenang Beni sebagai Plh sama seperti bupati, kecuali untuk hal-hal yang strategis yang berhubungan dengan mutasi atau pengangkatan pejabat, anggaran, dan lainnya.

Untuk hal strategis, Alex mengungkapkan, harus dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. “Plh Bupati harus terus berkoordinasi dengan Pemprov untuk segala keputusan yang dilakukan untuk kebijakan daerah,” tambahnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Pjs Bupati OKU Dipegang Muhammad Zaki Aslam

Baturaja, BP–Pengukuhan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati OKU Oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru Bertempat di Griya Agung Palembang Sumsel, ...