Harga Cabai-Bawang Merah Berangsur Turun

16

cabaiPalembang, BP

Intensitas hujan yang sudah mulai berkurang membuat suplai komoditi cabai merah kriting dan bawang merah berangsur turun. Harga cabai di pasar tradisional terpantau mencapai Rp40.000 per kilogram (kg).

Salah satu pedagang sayur di Pasar KM 5, Palembang Sumila (32) mengatakan, penurunan harga sejak sekitar pekan lalu. “Sempat Rp60.000/kg, berangsur turun menjadi Rp50.000/kg, saat ini Rp40.000/kg,” katanya.

Baca:  Cabai Rawit Tembus Rp100/kg

Harga ini bisa turun lagi, bahkan bisa mencapai Rp35.000/kg jika pengiriman cabai stabil seperti saat ini. “Kemungkinan bisa turun lagi, apalagi cabai lokal saat ini, kabarnya makin banyak didistribusi,” katanya.

Demikian dikatakan pedagang lainnya, Siti (33). Selain cabai merah, harga bawang merah merangkak turun, hanya saja masih belum signifikan. Saat ini harga bawang mencapai Rp45.000/kg. Harga tersebut turun dari harga pekan lalu mencapai Rp55.000/kg.

Baca:  Harga Cabai Memanas, Tembus Rp60 ribu/Kg

“Barang juga turun, hanya saja masih tinggi. Kalau suplai sudah mulai stabil. Namun, minat beli masih belum tinggi,” katanya. Dia menjelaskan, harga bawang merah diperkirakan akan turun lagi seiring dengan kondisi cuaca yang mulai membaik.

“Kalau lagi hujan memang bawang merah rentan membusuk, makanya harganya mahal, biasanya kalau sudah tidak hujan lagi harga bawang mulai stabil,” katanya.#ren