BRI Salurkan Permodalan TKI

10

Ilustrasi-layanan-Kredit-Usaha-Rakyat-KUR-di-perbankan.-AntaraPalembang, BP
Sebagai upaya mememcahkan masalah permodalan bagi calon TKI, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) mulai menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) khusus bagi TKI.
Wakil Pimpinan BRI Kanwil Palembang Gde Winata mengatakan, calon TKI selama ini banyak mengalami kendala di permodalan, sehingga sebagian besar TKI ini terjebak di pembiayaan non-lembaga keuangan resmi, seperti rentenir yang tentunya memiliki bunga pinjaman tinggi.
“BRI menawarkan pinjaman KUR TKI dengan bunga yang kompetitif, sesuai aturan pemerintah sebesar 9 persen,” kata dia, Rabu (23/3).
Dikatakanya, hal ini juga sejalan dengan program kegiatan BP3TKI dan BNP2TKI yaitu memudahkan calon TKI terampil untuk bekerja diluar negeri. BRI sendiri menyediakan platfon dana sekitar Rp500 miliar secara nasional yang akan diperuntukan untuk kredit KUR TKI ini, sementara besaran pinjaman yang digulirkan kepada TKI akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan Negara tujuan dari masing-masing TKI sendiri.
 “Nilai besaran pinjamannya disesuaikan masimal 25 juta. Contohnya untuk TKI dengan Negara tujuan Malaysia maka range pinjamanya Rp12-15 juta,” kata Gde Winata. Tenor pengembalian yang disediakan hingga 36 bulan.
Syarat untuk mendapatkan KUR TKI ini pun mudah, di antaranya selain identitas pada umumnya calon TKI cukup menyediakan surat perjanjian kerja, keterangan kepastian keberangkatan dan telah memiliki izin kerja di Negara tujuan untuk kemudian membuka rekening Britama atau Simpedes. “KUR TKI ini baru dimulai tahun ini,” katanya.
Pada kesempatan tersebut, BRI juga mensosialisasikan layanan BRIfast remittance yaitu jasa layanan pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri maupun sebaliknya. Produk ini, kata Gde Winata, dapat memudahkan TKI dalam hal pengiriman uang.
“Jika TKI ingin mengirim uang, mereka cukup hanya mendatangi counterpart yang sudah menjalin kerjasama dengan BRI. Antara lain, Malaysia, Brunei, Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea, Uni Emirat Arab, dll,” terangnya.
Kemudian, TKI tersebut menunjukan nomer rekening tabungan yang akan menerima uang. Dalam waktu hitungan detik transfer sudah sampai ke rekening yang dituju. “ Penerima uang yang berada di dalam negeri dapat melakukan penarikan uang di kantor BRI seluruh Indonesia maupun jaringan ATM sampai ke agen BRILink,” katanya.
Selain itu. Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah remittance TKI yang bertransaksi menggunakan BRIfast, pihaknya memiliki program mudik TKI yang dilakukan setiap tahunya seperti pada hari raya Idul Fitri. “Intinya semua produk dan layanan yang kami tawarkan ditujukan untuk memudahkan transaksi para TKI yang berjuang sebagai pahlawan devisa bagi tanah air,” pungkasnya. #ren
Baca:  Pindahkan Saldo Tabungan, BRI Wilayah Palembang Sediakan Tiket Gratis MLTR