Home / Headline / Kadisdik Sumsel Bantah Soal Bocor di Banyuasin

Kadisdik Sumsel Bantah Soal Bocor di Banyuasin

thumb_917692_08374329042014_ujianPalembang, BP

Munculnya isu yang mengatakan ada soal bocor Ujian Nasional di Banyuasin dibantah oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel Widodo. Menurutnya, kemungkinan bocor itu kecil.

“Saya pastikan, soal itu tidak bocor. Kalau mengenai prediksi soal, saya katakan ya, bisa saja. Karena kadang orang memprediksi soal yang keluar itu apa,” tegas Widodo saat dijumpai BeritaPagi di kantornya, Rabu (23/3).

Kalaupun itu bocor, kemungkinan ketahuan akan terlihat. Pasalnya, pihak Diknas yang kemudian menyebar ke Diknas Provinsi akan menggunakan alat kecenderungan bahwa siswa mengerjakan dengan kunci jawaban.

“Jadi ada alat yang namanya Tally, alat itu akan mengetahui kecenderungan siswa yang berbuat curang. Dan keakuratannya mencapai 0.03 persen, jadi saya pastikan yang curang akan ketahuan,” jelasnya.

Diakui Widodo, memang soal telah lama datang di Palembang, akan tetapi untuk serah terima dari pihak percetakan ke Diknas Provinsi belum dilakukan dan akan dijadwalkan pada 29 Maret 2016. Pihak percetakan mengirim soal ke Palembang menurutnya untuk mengatasi keterlambatan soal seperti macet dan kendala teknis lainnya. #sug