Home / Headline / 248 Guru SDN Pelatihan Bimbek

248 Guru SDN Pelatihan Bimbek

BP/SUGIARTO BIMTEK-Ratusan guru mengikuti pelatihan bimbingan dan teknik (bimtek) Badan Perpustakaaan Dokumentasi (Busdok) Sumsel, di aula SMKN 6 Palembang, Selasa (22/3).

BP/SUGIARTO
BIMTEK-Ratusan guru mengikuti pelatihan bimbingan dan teknik (bimtek) Badan Perpustakaaan Dokumentasi (Busdok) Sumsel, di aula SMKN 6 Palembang, Selasa (22/3).

Palembang, BP

Di Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata masih banyak perpustakaan SD yang belum memenuhi standar nasional, baik dari segi sumber daya manusia (SDM) ataupun sarana dan prasarana. Makanya perlu dilakukan evaluasi terhadap sekolah tersebut.

Melalui hal tersebut, sebanyak 248 guru SDN mendapat pelatihan bimbingan teknik (Bimbek) dari Badan Perpustakaaan Dokumentasi (Busdok) Sumatera Selatan (Sumsel) di aula SMK Negeri 6 Palembang, Selasa (22/3).

Kepala Bidang TK/SD Disdikpora Palembang Sutriana mengatakan, ada 248 guru SDN di Kota Palembang diberikan pelatihan oleh pengelola perpustakaan Sumsel. Untuk narasumber berasal dari bimtek Sumsel.

“Memang SDN sendiri sudah memiliki perpustakaan, akan tetapi perpustakaan di SDN belum memenuhi standar nasional seperti diminta kementerian pendidikan,” urainya

Menurutnya, kendala lain yang dihadapi adalah ruang khusus perpustakaan seperti kelengkapan buku-buku di sekolah masih kurang. Selain itu, pengetahuan SDM guru perpustakaan harus juga harus ditingkatkan. Walupun ada beberapa SDN saja yang memenuhi standar nasional, tidak menutup kemungkinan seluruh SD juga harus bisa standar nasional.

“Disdikpora akan memantau terus perkembangan perpustakaan SDN baik kelengkapan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Pemenuhan standar ini akan dilakukan secara bertahap seperti meningkatkan gedung perpustakaan di seluruh sekolah. Sebab, kebanyakan ruang khusus perpustakaan ini diambil dari ruang kelas. “Untuk anggaran dana khusus pembangunan perpustakaan ini sangat terbatas,” jelasnya.

Dia melanjutkan, mengenai standar perpustakaan yang nasional pastinya ukuran ruangannnya berkisar 6 X 9. Sehingga dengan ruangan seperti itu anak-anak bisa lebih nyaman dalam membaca di perpustakaan.

“Ke depan Disdikpora nantinya akan bekerjasama dengan berbagai PT di Kota Palembang. Sebab setiap tahun PTBA sering memberikan bantuannya kepada sekolah baik sarana dan prasarana perpustakaan,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini guru SDN mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.”Sehingga guru tidak hanya menjadi penjaga perpustakaan, melainkan tempat pencarian gudang ilmu yang bermanfaat bagi para guru dan anak-anak didik sekolah,” tegasnya.#sug