Home / Headline / Soal UN SMA Sudah Diterima Diknas

Soal UN SMA Sudah Diterima Diknas

UN 2015Palembang, BP

Seluruh naskah soal-soal Ujian Nasional (UN) 2016 khusus sistem Paper Based Tes (PBT) telah tiba di Palembang, Kamis (16/3) pagi. Keseluruhan soal tersebut langsung disimpan pergudangan Sriwijaya Mas Kertapati, sekitar pukul 10.30.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sumsel Widodo, Kamis (17/3), mengatakan, naskah untuk soal-soal UN sudah diterima, dan saat ini berada di gudang tempat penyimpanan yang sudah di sepakati dengan pemerintah pusat. Tibanya soal – soal itu lebih awal, karena rencananya soal-soal tersebut baru lah tiba sekitar 23-25 Maret mendatang.

Ia juga mengakui, kedatangan lebih cepat naskah soal UN ini sendiri belum dilakukan verifikasi. Oleh karena itu akan dilakukan verifikasi dalam waktu dekat ini. “Memang kita belum bisa melakukan verifikasi, sehingga naskah soal yang datang itu belum kita ketahui apakah ada kerusakan atau tidak. Baru akan kita verifikasi,” ujarnya.

Sementara itu salah satu personel kepolisian Polda Jatim, Winarno menjelaskan, perjalanan soal dari Surabaya ke Palembang memakan waktu empat hari. Tak ada hambatan dalam perjalanan, bahkan soal datang lebih cepat dari perkiraan.

“Selama perjalanan aman-aman saja. Paling terjebak kemacetan panjang karena ada perbaikan jalan,” ujarnya. Saat ini, soal UN SMA sederajat untuk Sumsel tersebut diamankan di tempat penyimpanan yang sudah disepakati oleh pemerintah pusat, sebelum diserahkan ke Disdik Sumsel pada 29 Maret mendatang. Kedatangan soal dikatakan terbilang cepat karena berdasarkan jadwal yang ditetapkan soal baru sampai tanggal 20 Maret mendatang.

Hal senada yang dikatakan, Perwakilan PT Temprina Agus, selaku lembaga pencetak soal UN 2016 mengatakan, pengiriman soal yang dilakukan lebih cepat agar menghindari kendala di perjalanan. “Tepat Senin kemarin, kita sudah tempuh 4 hari perjalanan. Dan kita bersyukur tidak ada hambatan bahkan bisa datang lebih cepat dari waktu yang ditentukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, bila soal yang dibawa meliputi paket ujian untuk tingkat SMA/SMK dan SMA LB hingga paket C. Pihaknya juga membawa pengamanan ketat kepolisian dari provinsi Jatim dalam membawa soal yang ada.
“Selama perjalanan kami dikawal langsung oleh personel Polda Jatim sebanyak dua polisi,” jelasnya.

Untuk sekarang, paket soal yang datang masih menjadi tanggung jawab dari pihaknya selaku percetakan. Pasalnya, penyerahan soal baru akan dilakukan tepat 29 Maret kepada Disdik Provinsi Sumsel.

“Sebelum tanggal 29 Maret, keamanan soal masih tanggung jawab kami. Sehingga untuk jumlah koli dan lainnya belum dapat kita sampaikan,” ujarnya. #adk