Home / Headline / Sekolah Swasta Harus Bisa Bersaing

Sekolah Swasta Harus Bisa Bersaing

kantor-disdikpora-kota-palembangPalembang, BP

Beberapa bulan lagi memasuki tahun ajaran baru, beberapa SD swasta sudah membuka Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun 2016.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang, Kabid TK/SD Sutriana melalui Kasi Kurikulum TK/SD Haris Basid mengatakan, walaupun pihak sekolah belum ada laporan kepada Disdikpora mengenai pembukaan PSB di SD swasta, namun itu tidak menjadi masalah.
“Pihak kita hanya memberikan toleransi, soalnya sekolah swasta harus bisa bersaing dengan pangsa pasar atau bersaing dengan sekolah-sekolah lain,” katanya.

Untuk melarang keputusan sekolah- sekolah itu, Disdikpora tidak bisa melarang atau mencegah, namun sekali lagi pihaknya memberikan sebuah toleransi saja bukan menganjurkan untuk segera membuka.

“Memang Disdikpora hanya bisa memberikan masukan dan imbauan kepada SD swasta, lain halnya di SD Negeri saat ini belum boleh ada pembukaan PSB,” jelasnya.

Soalnya di bulan-bulan ini akan dilakukan UN serentak di seluruh sekolah Indonesia. “Apabila Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) sudah dilakukan mungkin sekolah-sekolah sudah melakukan persiapan dalam PSB, mengenai jadwal PSB sendiri khususnya di SD sekitar bulan Juni mendatang bakal digelar,” katanya.#adk